Sukses

Perut Membuncit Tapi Tidak Hamil

02 Mar 2019, 06:35 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya kan selama ini mengalami perut buncit waktu saya periksakan kata dokter penyumbatan BAB tpi saya juga tidak haid selama 5 bulan tpi dokternya tidak bilang kalo saya hamil atau apapun. Tpi yang saya rasakan sekarang saya perutnya masih besar dan kadang perut saya kaku dan terkadang rasa kaku tsb sampe ke ulu hati. Itu knapa ya dok ?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf sebelumnya, apakah ada riwayat berhubungan intim sebelum mulai tidak haid 5 bulan yang lalu? Bila ada, apakah sudah melakukan testpack? Pada wanita usia reproduksi yang pernah berhubungan intim, tidak haid atau terhentinya haid perlu dicurigai dulu sebagai adanya kehamilan sebelum terbukti yang sebaliknya. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan testpack terlebih dulu.

Saat ke dokter apakah sudah dilakukan USG perut? Dari USG pun biasanya langsung nampak apakah Anda hamil atau tidak.

Jika ternyata tidak hamil, maka keluhan yang dialami bisa disebabkan oleh adanya gangguan di saluran cerna atau massa/tumor di dalam organ dalam perut. Untuk hal ini, perlu diperiksakan secara mendetil dengan dokter penyakit dalam. Anda perlu melakukan pemeriksaan fisik yang menyeluruh disertai pemeriksaan darah, USG perut, CT scan perut (bila perlu), dan rontgen perut bila memang ada indikasi.

Silakan segera berkonsultasi dengan dokter untuk hal ini, mengingat masalah sudah berlangsung selama 5 bulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar