Sukses

Kulit Gatal dan Kemerahan Tak Sembuh-Sembuh

27 Feb 2019, 14:43 WIB
Pria, 36 tahun.

Halo Dok, sudah 5 bulan ini badan saya gatal dan ruam merah..Berawal dari telapak tangan dan kaki yang gatal2 beberapa minggu kemudian muncul ruam merah dan gatal di badan kaki dan tangan lalu hilang sendiri, saya sudah periksa ke beberapa dokter kulit dan diberi salep serta obat racikan tapi tidak berkurang.malahan gatal dan ruam merahnya mulai muncul di leher dan muka. Yang saya ingin tanya kan 1. yang saya derita ini penyakit apa (beberapa dokter yang menangani agak bingung mendiaknosa penyakit saya mereka sudah berikan obat yang terbaik versi mereka) 2. bagaimana cara penanganan penyakit saya (dari sisi makanan juga sudah tidak mengkonsumsi makanan laut, sudah menggunakan sabun hypoalergenik, tidak kontak dengan sabun cuci atau detergen) 3. dokter spesialis mana yang harus saya temui untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mohon bantuannya, demikian terima kasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, penyakit autoimun seperti psoriasis, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Pada kasus Anda, selain menerapkan hal-hal yang sudah diterapkan, perlu juga melakukan pemeriksaan darah, tes alergi atau pemeriksaan IgE yang spesifik untuk alergen tertentu. Untuk hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang ahli alergi atau ke dokter penyakit dalam yang ahli alergi (SpPD-KAI).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar