Sukses

Keramas Tiap Hari Untuk Rambut Berminyak

27 Feb 2019, 13:39 WIB
Pria, 22 tahun.

Assalamuaikum dok, kulit kepala dan rambut saya berminyak, tekstur rambut saya gelombang, apakah boleh keramas setiap hari? Karena apabila tidak kermas setiap hari, kulit kepala saya terasa berminyak dan gatal. Terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Bila kulit kepala Anda berketombe, sebaiknya pilihlah shampo yang mengandung salah satu dari bahan aktif untuk membasmi ketombe; zinc phyrithione, selenium sulfide, ketoconazole, tea-tree oil atau sulfur. Namun, bahan-bahan aktif tersebut cenderung membuat kulit kepala kering. Karena itu, jika ketombe sudah hilang maka segeralah beralih ke shampo yang sesuai dengan kulit kepala (normal atau kering) sebagai pengganti shampo antiketombe. Bila diperlukan, gunakan kondisioner, tapi jangan terlalu banyak mengoleskan di dekat kulit kepala.  

Yang perlu Anda perhatikan, jangan menggaruk kulit kepala dengan kuku jari saat keramas. Gunakan bagian ujung jari yang tumpul dan datar untuk proses eksfoliasi. Satu hal lagi, perhatikan kadar pH yang terkandung dalam shampo. pH yang bersifat basa biasanya lebih efektif membersihkan rambut dibanding dengan pH yang bersifat asam. pH yang seimbang berkisar antara 5 hingga 6,8. Namun, pada beberapa kasus, seperti rambut berminyak, terkadang dibutuhkan pH asam lebih tinggi.                                    

Bila kulit kepala berminyak, Anda boleh mencuci setiap hari dan lakukan pemijatan di kulit kepala agar meresap dan membersihkan minyak. Tapi sebaiknya jangan terlalu lama dan keras saat memijat, karena justru dapat menstimulasi kelenjar minyak. Yang perlu diperhatikan adalah zat pembersih aktif yang terkandung di dalamnya, jangan yang terlalu keras karena bisa timbul iritasi. Pilihlah yang lembut untuk pemakaian sehari-hari. Jangan menggunakan shampo 2 in 1 karena conditioner yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan rambut cepat lepek. Gunakan conditioner yang ringan secara terpisah dan hindarkan dari kulit kepala. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,                      

    0 Komentar

    Belum ada komentar