Sukses

Efek samping obat TBC

26 Feb 2019, 09:17 WIB
Wanita, 26 tahun.

Met mlm dok....? Saya pnya penyakit tbc....udh pemeriksan jln sebulan lbh....saya klo periksa en ambil obat perdua minggu sekali.... Pemeriksaan fase kedua ada efek samping dr obat tbc.... 1.mual 2.dada dan lambung panas 3.sesak nafas dan jantung brdetak up normal.... Fase pemeriksaan ketiga.... Awal Saya minum obatnya....badan panas dan kepala pusing....saya mw minum obat yg ketiga x sehari nya tdk diminum di waktu mw tidur.... Krna saya cemas dan takut Timbulnya sesak nafas dan jantung up normal.... Itu pengaruh dr obat apa dok....? 1.isoniazid 2.rifampicin 3.etambutol Apa saya hrs te2p minum obat....

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Rifampicin memiliki efek samping gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati, kuning, gejala flu, reaksi kulit, dan gangguan pada darah.

Pyrazinamide memiliki efek samping hepatotoksisitas (gangguan pada hati), gout (asam urat), anemia skleroblastik, gangguan pencernaan, ulkus peptikum (perlukaan pada pencernaan), disuria (nyeri berkemih), demam, lemas, alergi

INH memiliki efek samping gangguan pada saraf (periferal neuropati), mual, muntah, gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan pada darah.

Apakah ada keluhan mual-muntah disertai mata atau tubuh menjadi berwarna kuning? apabila memang ada, maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada hati. Gangguan pada lambung juga dapat terjadi akibat efek samping obat ini.

Jadi jangan berhenti berobat jika ada efek samping obat. Makanan yang baik akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu keberhasilan terapi. Namun untuk menjadikan kuman tuberkulosis tidak aktif, diperlukan obat tuberkulosis yang diminum secara teratur dan lamanya sesuai dengan lama terapi yang dianjurkan dokter Anda. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani Anda untuk mengatasi efek samping obat tersebut.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar