Sukses

Bercak Merah Dibawah Lidah

25 Feb 2019, 20:26 WIB
Wanita, 21 tahun.

Pagi dok, beberapa hari yg lalu tiba tiba bibir bagian dalam saya terasa kasar disertai sariawan namun ketika saya melihat dicermin dg menggunakan lampu bagian yg saya rasa kasar seperti ada bintik bintik putih kecil sekali lalu besoknya sudah tidak terlalu terasa kasar, esoknya tenggorokan saya bagian atas terasa kasar sehingga ketika minum terasa kurang nyaman namun skrg sudah tidak seperti itu, namun skrg ada bintik merah namun sangat sedikit tapi tidak sakit, dan di bagian amandel ada titik putih yg lumayan jelas seperti sariawan dan dibahawh lidah ada bercak merah sedikit namun tidak menonjol, apakah itu berbahaya dok? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar bercak merah dibawah lidah melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan anda, dugaan kami bercak merah yang tidak menonjol, tidak ada rasa sakit, dan tidak meradang dugaan kami tidak berbahaya. 

Yang perlu diwaspadai adalah apabila bintik-bintik tersebut berisi cairan dan berkelompok, memiliki dasar bintik kemerahan. Jika anda menemukan bintik seperti ciri tersebut kemungkinan adalah infeksi herpes simpleks tipe 1. Herpes Simpleks Virus (HSV)  ada dua macam, meski keduanya dapat saling berhubungan, yaitu tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut dan tipe 2 yang bermanifestasi di genital (alat kelamin). Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di syaraf dalam keadaan laten dan sewaktu-waktu penyakit ini dapat kambuh lagi.

Faktor yang mempengaruhi kekambuhan biasanya adalah kelelahan fisik dan stress mental, atau infeksi lainnya. Hubungan seksual berganti-ganti pasangan meningkatkan kemungkinan terkena.

Terapi herpes simpleks secara umum adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dan menghindari trauma atau faktor pencetus. Belum ada pengobatan yang memuaskan untuk penyakit ini. Obat anti virus biasanya efektif dalam mengurangi frekuensi dan durasi (lamanya) timbul gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.

Untuk penegakan/memastikan diagnosis diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Apabila gejala di dalam mulut sudah lewat dari 2 minggu maka sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit mulut agar keluhan segera dapat ditangani dengan cepat. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bercak merah dibawah lidah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar