Sukses

Gejala Alzheimer
25 Feb 2019, 10:31 WIB
Wanita, 22 tahun.

selamat malam dok, saya mau bertanya mengenai alzheimer. kakek saya kira kora usianya 80 thnan. belum pama ini terjadi penurunan daya ingat, prilakunya seringkali aneh, kalo diajak bicara suka ngelantur kemana mana. terkadang suka tidak ingat dengan nama keluarga. apa ini termasuk gejala alzheimer? bagaimana cara mengatasinya? terimakasih banyak dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Nama Alzheimer berasal dari Dr. Alois Alzheimer. Dokter berkebangsaan Jerman ini pertama kali menemukan penyakit Alzheimer pada tahun 1906. Dari hasil penelitiannya didapatkan bahwa penderita Alzheimer mengalami otak yang mengerut dan dipenuhi sedimen protein.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terjadinya Alzheimer, yakni:

·         Cedera kepala berat

·         Bertambahnya usia

·         Wanita menopause

·         Orang yang mengalami defisiensi (kekurangan) estrogen

·         Kurang berolahraga

·         Penderita diabetes dan hipertensi

Selain hal di atas, faktor genetik juga turut berperan pada terjadinya Alzheimer. Dengan kata lain, apabila memiliki anggota keluarga dengan penyakit ini, maka risiko Anda untuk mengalami hal yang sama akan meningkat. Apalagi jika kedua orangtua Anda juga menderita Alzheimer.

Beberapa gejala yang bisa menjadi penanda adanya penyakit Alzheimer, antara lain:

1.    Gangguan daya ingat. Penderita Alzheimer umumnya mengalami gangguan daya ingat –seperti sering lupa kejadian yang baru saja terjadi, menceritakan hal yang sama berulang kali. Terkadangan penderita juga mengalami disorientasi waktu dan lokasi, serta tidak ingat kejadian penting, bingung lokasi mereka berada, tidak mengetahui jalan pulang.

2.    Sulit menyelesaikan tugas sehari-hari atau kegiatan yang biasa dilakukan.

3.    Sulit untuk fokus dalam mengerjakan sesuatu yang sederhana. 

4.    Sulit dalam kegiatan visuospasial –seperti sulit berhitung, membaca, menentukan jarak atau membedakan warna.

5.    Gangguan berkomunikasi. Penderita Alzheimer mengalami gangguan mengingat kata-kata yang sebelumnya sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mereka juga sulit berbicara dan memahami percakapan.

6.    Lupa menaruh barang atau menaruh tidak pada tempatnya.

7.    Antisosial. Penderita Alzheimer lebih menarik diri dari pergaulan dan tidak terlalu semangat untuk berkumpul dengan teman-temannya, karena kurangnya rasa percaya diri dan gangguan komunikasi.

8.    Sulit membuat keputusan yang tepat.

9.    Tidak terlalu memerhatikan kebersihan diri.

10.  Perubahan perilaku dan kepribadian. Mood dan kepribadian penderita Alzheimer mudah berubah, mereka dapat menjadi sedih, marah, bingung atau bahkan depresi.

Gejala yang Anda sebutkan terjadi pada kakek Anda memang bisa saja menjadi gejala dari alzheimer. Namun, perlu dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan. Untuk itu, sebaiknay tetap dibawa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar