Sukses

Wajah berjerawat setelah pemakaian sabun muka kadaluarsa

24 Feb 2019, 23:16 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok, saya mau konsul sekaligus bertanya. Minggu lalu saya beli sabun cuci muka yg biasa saya pakai, tp ternyata itu sudah expired. Nah, skrg di wajah saya timbul banyak sekali jerawat yg tidak seperti biasanya. Semakin hari jerawatnya semakin parah, kira² harus bagaimana dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar wajah berjerawat setelah pemakaian sabun muka kadaluarsa menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kulit yang bermasalah seperti menjadi berjerawat setelah penggunaan suatu produk dapat berupa reaksi purging atau breakout. Purging merupakan kondisi perburukan masalah kulit seperti kulit menjadi berjerawat yang kemudian lambat laun baru menunjukkan perbaikan kondisi kulit yang bermakna. Namun, jika sabun muka yang Anda gunakan tersebut tidak mengandung bahan-bahan seperti: retinoid, AHA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid) seperti asam glikolat, asam salisilat, serta sulfur, maka perburukan masalah kulit mungkin disebabkan oleh reaksi alergi atau iritasi (breakout) terhadap kandungannya dan bukan karena purging.

Breakout merupakan sebuah kondisi dimana terjadi gangguan kulit akibat ketidakcocokan dengan suatu jenis bahan kosmetik atau kimia yang umumnya timbul sebagai kondisi jerawat, bisul, yang disertai dengan kulit kemerahan, nyeri, pembengkakan dan peradangan. Apabila dicurigai Anda mengalami breakout, maka sangat disarankan untuk menghentikan pemakaian produk tersebut. Apabila kulit wajah perlahan membaik setelah pemakaian produk dihentikan, maka dapat disimpulkan kulit Anda mengalami iritasi/ alergi akibat kandungan sabun tersebut. 

Pengobatan jerawat secara umum dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Obat yang dapat digunakan adalah retinoic acid, benzoil peroksida, dan antibiotik topikal/oles. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum tergantung derajat keparahan jerawat. 

Jika Anda merasa jerawat di semakin banyak setelah memakai obat jerawat tersebut kami sarankan Anda konsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda, disini kami tidak dapat menentukan apakah jerawat Anda breakout atau purging saja sebelum jerawat menjadi bersih hilang di wajah Anda. Perlu diperiksa secara langsung kelainan kulit yang terjadi.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai wajah berjerawat setelah pemakaian sabun muka kadaluarsa. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar