Sukses

Nyeri Pinggang Saat BAK
23 Feb 2019, 21:12 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat siang dok, saya mengalami nyeri mulai dari bawah pusat sampai ke pinggang kanan. Dan perasaan saya mau buang air kecil terus dan rasanya sakit. Yang ingin saya tanyakan penyebab yang saya alami apa ya dok? Dan bagaimana penanggulangannya? Terima kasih dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lamakah Anda mengalami keluhan seperti ini? Apakah terdapat penjalaran nyeri ke kedua tungkai? Apakah terdapat darah atau batu-batu kecil pada air seni?

Nyeri pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus.

Nyeri ketika buang air kecil (BAK) pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih yang banyak disebabkan oleh batu. Tindakan yang dapat dilakukan pertama kali adalah meningkatkan asupan cairan (air putih) minimal 1,5-2L/hari dan tidak menahan BAK. Peningkatan asupan cairan dalam hal ini ditujukan untuk membilas kuman ataupun cikal bakal batu yang mungkin terdapat pada saluran kemih. Jangan pernah menahan kencing, segeralah ke toilet jika Anda merasakan sensasi untuk BAK.

Apabila dengan usaha di atas keluhan masih terjadi, kami sarankan untuk memeriksakan diri langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar