Sukses

Belum Haid Setelah Operasi Steril

19 Feb 2019, 09:07 WIB
Pria, 40 tahun.

Saya sdh disteril dg dokter kandungan. Krn riwayat hipertwnsi saat hamil. Selama di steril haid lancar aj. Nah bln ini saya belum haid dok. Apa ini normal dok.....saya takut hamil dok. Krn terakhir operasi. Mohon penjelasan nya

Terimakasih telah bertanya tentang haid dan KB steril melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Secara teori, KB steril tidak akan mempengaruhi haid sebab yang dilakukan adalah pemotongan atau pengikatan saluran tuba falopii agar sperma dan sel telur tidak bertemu. Metode ini bukan KB hormonal sehingga tidak akan mengganggu siklus haid.

Jika Anda memberikan ASI ekslusif kepada anak Anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi. Isapan bayi pada payudara ibu saat minum ASI akan menekan hormon-hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Karena itu, selama ibu memberikan ASI ekslusif, secara otomatis ibu tersebut juga telah menggunakan suatu metode kontrasepsi yang dikenal sebagai metode amenore laktasi (MAL), sehingga dirinya tidak akan hamil lagi selama memberikan ASI ekslusif dan tidak mengalami haid.

Bila Ibu mulai memberikan makanan tambahan lain/susu formula sebagai pendamping ASI. Pemberian makanan lain itu akan mengurangi frekuensi isapan bayi pada payudara ibu, sehingga secara perlahan kesuburan ibu akan kembali, dan ibu akan mendapat haid kembali dan memiliki peluang untuk hamil kembali. Siklus haid juga akan kembali normal secara perlahan.

Siklus haid setelah melahirkan memang dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali. Kami sarankan agar Anda kembali ke dokter yang mengoperasi untuk dievaluasi apa penyebab Anda tidak haid. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar