Sukses

Petting dan Keperawanan
19 Feb 2019, 11:41 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok , saya mau nanya temen saya pernah melakukan hubungan intim dengan pasangannya tetapi miss V dia dimasukan menggunakan jari tidak menggunakan penis.Suatu ketika mereka mencoba memasukan penis lelakinya kedalam miss V tetapi itu tidak jadi dilakukan melainkan hanya menggesek2 kelamin si lelaki di daerah miss V , dan pertanyaan saya apakah wanita itu masih perawan atau tidak dok ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan fitur e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Himen atau selaput dara merupakan membran tipis yang ada di dekat bukaan vagina, bagian tengahnya bolong sehingga darah menstruasi dapat keluar. Sebetulnya, himen perempuan dapat robek walau tidak melakukan hubungan intim, yaitu karena kecelakaan, aktivitas seperti naik kuda, senam, bersepeda, penggunaan tampon, masturbasi. Bahkan ada juga perempuan yang tidak memliki himen. Himen dapat robek tanpa disertai rasa sakit, ataupun disertai perdarahan.

Karena itu, walaupun himen yang utuh mengindikasikan bahwa perempuan itu masih perawan, namun himen yang tidak utuh bukan berarti ia tidak perawan. Ada juga keadaan dimana perempuan sudah berhubungan intim, namun himennya masih utuh, yang disebut himen yang elastis. Jadi benar, tidak semua wanita berdarah saat berhubungan intim pertama kali.

Untuk mengetahui apakah himen masih utuh atau tidak walau sudah pernah melakukan hubungan intim (walaupun hanya memasukkan jari) sebetulnya dapat diperiksa sendiri, yaitu dengan menggunakan cermin. Namun, hal itu sulit dilakukan. Dokter umum dapat memeriksa dengan cara melihat langsung bagian depan kemaluan/vagina.

Sebaiknya teman Anda menghindari petting karena dapat berujung dengan seks bebas. Seks bebsa sangat beresiko karena dapat terjadi penularan penyakit. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait selaput dara. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar