Sukses

Gejala DBD
19 Feb 2019, 11:41 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selat malam dok, Apakah penyakit dbd bisa disertai dengan batuk pilek? Karena saya browsing di internet ktnya ada yg bisa ad yg tidak, mohon penjelasannya.. Lalu 2 hari saya demam + batuk pilek (batuk ada dahaknya) hingga 38°, namun hari ketiga ini turun ke 36°, apakah itu termasuk dbd juga? Terima kasih..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

DBD disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamukAedes aegipty atau Aedes albopictus berkelamin betina. Nyamuk berkaki belang-belang putih ini menggigit manusia di siang hari. Virus dengue terdiri dari empat jenis (strain), yakni dengue tipe 1,2,3, dan 4. Namun tipe yang dominan di Indonesia adalah tipe 3.

Penyakit DBD sampai sekarang memang tidak terduga. Secara umum penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, sampai sekarang sering terjadi salah diagnosis. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejala lainnya.

GEJALA:

·         Demam tinggi mendadak

·         Sakit kepala berat, terutama di bagian dahi

·         Nyeri pada tubuh dan sendi

·         Mual atau muntah

·         Muka kemerahan

·         Pemeriksaan laboratorium menunjukkan trombosit turun (kurang dari 150 ribu) dan terjadi peningkatan hematokrit (kekentalan darah).

Mengenai batuk dan pilek, sebenarnya DBD murni tidak disertai oleh gejala batuk dan pilek. Namun, bila terjadi koinfeksi (infeksi bersamaan) antara virus dengue dan virus/ bakteri yang menyerang sistem pernapasan (hidung/ tenggorokan) maka bisa saja disertai batuk dan pilek. Yang terjadi pada Anda masih meragukan antara demam akibat infeksi saluran napas (ditandai dengan batuk atau pilek), atau DBD. Pada DBD, yang khasnya memang hari ketiga terjadi penurunan demam setelah hari 1-3 demam terus menerus naik. Namun, hari ke 5 demam akan kembali naik. Satu-satunya cara adalah dengan memeriksakan darah di laboratorium. Bila ada penurunan trombosit, maka kemungkinan telah terjadi DBD.

Untuk orang yang dicurigai menderita demam berdarah dengue, berikut adalah penanganan yang dapat diberikan:

·         Monitor suhu tubuh penderita setiap hari

·         Bawa penderita kembali ke dokter bila demam berlangsung 3 hari

·         Istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting pada pasien infeksi virus dengue.

·         Bila penderita makin lemas, muntah, sulit makan atau minum, perlu dilakukan pemberian cairan infus oleh dokter.

·         Bila hasil laboratorium menunjukkan ada tanda-tanda penurunan trombosit atau peningkatan  hematokrit, penderita harus dirawat di rumah sakit.

·         Pasien diawasi jangan sampai terjadi syok yang ditandai dengan rasa lemas, mengantuk, dan pingsan, sementara kaki terasa dingin

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar