Sukses

Mengatasi Batuk Berdahak

19 Feb 2019, 11:12 WIB
Pria, 26 tahun.

Dok sya mau tanya, sy bru sj trkenan demam nmun stlh trasa baikan sy mengalami batuk berdahak dan setiap mncoba menelan seperti ad yg dahak yg mengganjal di tenggorokan ya kira2 apa terapi dan obat dalam mengatasinya ya dok? Trimakasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Untuk mengatasi batuk berdahak, dapat digunakan obat yang mengandung mukolitik atau ekspektoran. Penjelasannya sebagai berikut:

  1. Mukolitik. Mukolitik adalah obat batuk yang membuat Anda lebih mudah mengeluarkan dahak dengan cara mengencerkan dahak. Obat ini banyak digunakan pada orang dengan bronkitis kronik atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Kandungan zat aktif berisi ambroksol, bromheksin atau asetilsistein. Obat-obatan yang mengandung bromheksin tidak boleh diberikan pada anak kurang dari 6 tahun.
  2. Ekspektoran. Obat batuk golongan ini mengurangi kekentalan dahak di dalam saluran nafas, dan sering dipakai untuk batuk yang berdahak banyak (batuk produktif). Zat aktifnya ialah guaifenesin/gliseril guaiakolat, amonium klorida, amonia, senega, dan natrium sitrat.

Selain menggunakan obat, Anda juga bisa menggunakan ramuan tradisional yang mengandung jahe, madu, kencur atau echinacea.

Tingkatkan pula konsumsi vitamin C hingga 1000 mg dan Zinc selama sakit di samping harus banyak istirahat dan minum air hangat untuk mengencerkan dahak.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang dapat menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar