Sukses

Fraktur Kompresi Tulang Belakang

19 Feb 2019, 11:12 WIB
Wanita, 56 tahun.

Selamat sore Dok, Tgl 1 Peb 2019 sy jatuh dan ada tulang belakang pada thorac yg patah dan hasil foto rongent satu setengah bulan setelah jatuh adl sbb : - tampak fraktur kompresi pada VTh 11 - pedikel kesan intak itu artinya apa ya Dok? mohon penjelasan nya, agar cepat pulih gerakan apa yg boleh dan tdk boleh dilakukan, terima kasih

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Fraktur kompresi adalah fraktur yang menyerang tulang belakang Anda dan dapat menyebabkan gangguan anatomi dan saraf Anda. Pada kasus Anda, ini terjadi di regio torakal/dada, di tulang vertebra no. 11, kurang lebih posisinya di punggung tengah bawah.

Waktu penyembuhannya bervariasi bergantung pada derajat kerusakannya dan seberapa banyak saraf yang terkena, bila ada.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohodrta, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. Selain itu, sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah, juga merokok. Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan. Mengenai jenis latihannya, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik. Gerakan-gerakannya spesifik dan disesuaikan dengan kelainan yang terjadi.

Jangan lupa pula untuk kontrol rutin dengan dokter ortopedi yang menangani Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar