Sukses

Melihat Lingkaran Cahaya

19 Feb 2019, 11:26 WIB
Wanita, 47 tahun.

Saya sdh lama sering mendadak mata spt ada sinar lampu neonnya, kl sinar tsb blm membentuk lingkaran, sinar terang itu blm hilang. Apakah itu termasuk anemia atw sakit apa? Saya dl pernah anemia tp sdh lama tdk kambuh. Saya sakit apa, dok? Oya, saya pernah mengalami turunnya hb darah.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah mengajukan pertanyaan mengenai mata silau dan melihat halo melalui fitur tanya dokter. 

Perlu diketahui, keluhan pada mata dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, baik karena gangguan yang terdapat pada mata ataupun gangguan sistemik. Berikut merupakan beberapa penyebab mata silau : 

Infeksi

Katarak

Terlalu banyak cahaya yang masuk ke mata 

Keadaan Albinism

Stimulasi berlebihan dari receptor di retina mata

Aliran listrik yang berlebihan di saraf optikus Respons berlebihan pada saraf optikus (mata) 

Keluhan lain yang Anda rasakan adalah melihat pelangi disekitaran cahaya, hal ini dapat disebabkan oleh adanya gangguan refraksi mata, pada penderita glaukoma (peningkatan tekanan bola mata), edema kornea dan katarak. Jika Anda memiliki peningkatkan bola mata maka kemungkinan berkaitan dengan glaukoma. Namun untuk memastikan penyebab dari keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Belum diketahui apakah silau dan muncul pelangi tersebut merupakan pengaruh dari mata atau syaraf karena bisa saja keduanya. Karena itu, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter mata agar diwawancara dan diperiksa secara teliti serta mendapat penanganan segera yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar