Sukses

Anak Biduran Saat Tidur

19 Feb 2019, 11:11 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok,, anak saya umur 1 tahun.. Udah 3 hari ini kalo dia pas lagi tidur selalu gatal" dan bengkak nya melebar.. itu selalu terjadi kalo pas dia lagi tidur, baik siang maupun malam. awalnya binyik kecil lalu melebar.. Dan ada lagi ada lagi.. Tapi kalo pas sudah bangun tidur bentol" nya hilang dengan hilang.. Tolong bantu pencerahannya.. Saya jadi khawatir dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Yang anak Anda alami kemungkinan ialah biduran/kaligata atau dalam bahasa medis disebut dengan urtikaria. Cirinya kulit kemerahan dan sedikit menonjol dari permukaan kulit. Bisa didapati pula rasa gatal, nyeri dan panas pada bagian kulit yang mengalami gatal-gatal.

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.
  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll.
  • Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.
  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.
  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.
  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.
  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri.

Pada anak Anda, ini terjadi saat tidur saja, sehingga sangat mungkin pemicunya adalah gigitan serangga atau hal lain di lingkungan sekitar tempat tidur.

Untuk mengatasinya perlu dicari apa pemicu gatal-gatal pada si Kecil, apakah betul serangga atau faktor lain dari lingkungan di sekitar tempat tidur.

Jika sedang gatal-gatalnya, bisa berikan obat antihistamin yang mengandung CTM atau sejenisnya. Meski demikian, ini tidak boleh digunakan dalam jangka panjang dan harus atas anjuran dokter.

Untuk mendapatkan penanganan yang menyeluruh, sebaiknya periksakan kondisi si Kecil kepada dokter anak yang merawatnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar