Sukses

Nyeri Lutut
19 Feb 2019, 10:44 WIB
Wanita, 30 tahun.

dok sudah 20thun ke2 lutut sy mgalami mslh.awalnya saat berlari tiba2 ddlam lutut sy serasa geser.stlh itu bengkak dan g bisa berjln.smp skg masih kambuh.kdg klo buat jln tempurung lutut sy geser kesamping.dan itu sakitnya luar biasa. udah mnemui beberpa dokter tp g ada hasil apa2.ktanya hny kurg vitamin sj.tp kok sering kambuh sampai skg. obat dari dokter jg tdk bisa menyembuhkan.rongen sudah dok namun kta dokter pebgapuran sendi. sokusinya gmn dok agar sy bs sembuh.terimakadih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya melalui layanan e-konsultasi Tanya Dokter klikdokter.com

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Ada beberapa pertanyaan yang ingin kami ajukan.

Apakah pada saat nyeri lutut timbul lalu ada penjalaran rasa nyeri ke tulang ekor ? Atau setelah nyeri timbul di lutut kemudian diwaktu yang berbeda timbul juga di tulang ekor ?

Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan lanjutan seperti rontgen tulang ekor atau MRI ?

Apakah Anda memiliki riwayat trauma sebelumnya ?

Pada umumnya jika terdapat penjalaran, maka ada saraf yang terjepit. Untuk mengetahuinya memerlukan pemeriksaan MRI.

Lutut terdiri dari tulang, kapsul, rawan sendi, meniscus, ligamen, otot dan syaraf yang bekerja sama untuk menghasilkan suatu gerakan lutut yang sempurna. Nyeri lutut dapat terjadi pada semua umur dan oleh berbagai penyebab. Dan penanganan nyeri lutut berbeda-beda, harus berdasarkan penyebabnya.

Nyeri lutut yang terjadi pada orang dewasa, dapat diakibatkan karena trauma seperti terjatuh, keseleo, cedera waktu olahraga baik disadari maupun tidak. Selain itu nyeri lutut juga bisa disebabkan kelainan diluar lutut seperti akibat lemahnya otot paha, cedera ligamen lutut dalam, kelainan disendi panggul, atau kelainan di tulang belakang (HNP) yang tentunya memerlukan penanganan yang lebih kompleks.

Pada usia diatas 45 tahun, pada umumnya masalah degeneratif menjadi masalah utama, yaitu kerusakan tulang rawan sendi yang disebut dengan arthritis / pengapuran. Penyebabnya digolongkan menjadi dua, yaitu penyebab primer bila disebabkan karena proses penuaan dimana sendi menjadi aus akibat produksi cairan pelumas yang berkurang. Sedangkan penyebab sekunder bila disebabkan oleh cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki yang O atau X, penyakit reumatik dan asam urat, infeksi dan lain sebagainya.

Rematik atau Artritis Reumatoid (AR), adalah salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit autoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Bila dibiarkan, kondisi ini dapat memicu terjadinya erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi.

Berikut adalah gejala AR yang sering ditemui :

Nyeri sendi

Pembengkakan sendi

Nyeri sendi bila disentuh atau di tekan

Tangan kemerahan

Lemas

Kekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menit

Demam

Berat badan turun

AR dapat mengenai satu atau lebih sendi dalam tubuh dalam kurun waktu yang sama. Pada tahap awal, biasanya AR menerpa sendi-sendi kecil seperti tangan, pergelangan tangan, kaki dan atau pergelangan kaki. Pada tahap lanjutan, AR akan mengenai sendi yang lebih besar seperti bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher

Sebagai alternatif anda dapat berkonsultasi ke dokter ahli reumatology apa bila pada bagian saraf tidak ditemukan kelainan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Semoga Bermanfaat

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar