Sukses

Rokok Dan Kualitas Sperma

19 Feb 2019, 09:27 WIB
Pria, 13 tahun.

jadi begini dok... kalau rokok menthol itu bisa menyababkan sperma melemah kan ya? jadi, kalau kita mengkonsumsi makan atau obat"an bisa jadi kuat lgi ya sperma nya?

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Siklus menstruasi anda bulan kemarin adalah 27 hari. Untuk mengetahui rata-rata siklus menstruasi anda, sebaiknya anda memberikan data 6 bulan terakhir menstruasi anda. Siklus 1 bulan tidak dapat mewakili siklus rata-rata menstruasi anda.

Masa subur dihitung dari 14 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya plus minus 2 hari. Hal ini dapat diketahui apabila anda memiliki siklus rata-rata menstruasi. Contohnya bila siklus anda 30 hari, maka Ovulasi anda jatuh pada hari ke-16 (14 hari sebelum Hari Pertama Haid Berikutnya) plus minus 2 hari. Dalam kata lain masa subur anda berada diantara hari ke-14 sampai hari ke-18.

Sel sperma memiliki bahan dasar protein. Tentu saja kualitas dari sel sperma akan tergantung juga dari asupan nutrisi dan pola hidup. Bahan yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan gangguan kualitas dari sperma. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Association for Cancer Research tahun 2007, rokok dapat mengubah DNA dari sperma yang mengakibatkan perubahan mutasi genetik. Hal ini dapat berujung menjadi gangguan janin (seperti kecacatan).

Yang sebaiknya dilakukan dalam merencanakan kehamilan diantaranya adalah :

Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkoholHindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebasMenurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrioAsupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukupMelakukan hubungan intim pada waktu yang tepatLakukan hubungan intim 3x/minggu dengan posisi misionaris (pria di atas)Asupan makanan yang baik dapat menunjang peningkatan kualitas dari sperma. Pemberian vitamin tambahan seperti vitamin E juga baik untuk kesuburan. Sekian, semoga membantu 

    0 Komentar

    Belum ada komentar