Sukses

Pusing berputar akibat vertigo?
18 Feb 2019, 17:02 WIB
Pria, 22 tahun.

Pagi Dok, saya mahasiswa berusia 22 tahun di Klaten. Sekitar bulan september tahun 2018 kemarin saya tiba-tiba mengalami pusing yang berputar dok. Awalnya saya mengira itu kelelahan, sehingga saya putuskan untuk banyak beristirahat. Hal yang sama terjadi ketika memasuki bulan Desember 2018. Setelah begadang dan mengejar beberapa deadline tugas, saya mengalami pusing yang sama. Namun durasi pusing ini lebih lama, yaitu selama beberapa hari istirahat baru pulih. Kemudian beberapa waktu yang lalu, saya pulang dari Solo, tiba-tiba saya merasa pusing yang sama lagi. Untuk kali ini saya tidak merasa kelelahan secara mental maupun fisik seperti mengerjakan sesuatu secara beruntun atau berat. Apakah pusing yang ini juga karena kelelahan atau ada hal lain ya dok? Karena baru sejak pertengahan tahun lalu saya mengalami ini. Sebelum-sebelumnya jika saya kelelahan, saya tidak pernah sampai pusing seperti ini, sekalipun banyak hal yang saya kerjakan. Saya juga bukan orang yang suka mengonsumsi obat-obatan. Terimakasih dok.

Terima kasih telah bertanya mengenai pusing berputar menggunakan fitur Tanya Dokter.

Apakah keluhan pusing berputar disertai rasa mual, muntah dan bibir suka terasa tebal? Jika keluhan pusing berputar kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit vertigo. Pada kasus anda, salah satu pemicu vertigo nya adalah kelelahan.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  • Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  • Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. Kami tidak dapat meresepkan obat karena perlu dipastikan terlebih dahulu apakah Anda memang vertigo atau bukan, jika iya perlu dipastikan juga jenis vertigonya. 

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai pusing berputar. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar