Sukses

Steroid dan Massa Otot

18 Feb 2019, 07:19 WIB
Pria, 22 tahun.

selamat pagi perkenalkan saya Iman Sulaeman berusia 22 tahun saya mungkin termasuk orang yang kesulitan mengembangkan otot otot tubuh sehingga tubuh keliahatan lebih muda serta tulang tulang juga seperti keliahatan lebih muda / kecil. saya ingin konsultasi, Jika saya bukan olah ragawan aktif memakai steroid untuk merangsang pertumbuhan daging dalam tubuh apakah diperbolehkan dok ? serta saya ingin meminta saran terbaik jika saya mengonsumsi seroid terimakasih

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Penggunaan steroid tidak boleh dilakukan sembarangan dan tanpa pengawasan dokter dan sesuai dengan indikasi. Untuk meningkatkan massa tubuh, Anda sebenarnya dapat melakukan latihan yang terstruktur dan juga mengatur pola makan, tanpa steroid. Steroid sendiri tidak ditujukan untuk manfaat olahtubuh maupun olahraga, namun harus berdasarkan indikasi kebutuh medis.

Beberapa efek samping yang dapat muncul dari penggunaan steroid yang terlalu tinggi atau tidak tepat adalah:

  • Pertumbuhan payudara berlebihan
  • Kebotakan
  • Testis mengecil
  • Kemandulan
  • Impotensi (Disgfungsi Ereksi)

Program bulking merupakan program kebugaran yang bertujuan untuk meningkatkan massa otot. Untuk mencapainya diperlukan tekad kuat dan kedisiplinan tinggi karena diperlukan waktu yang sering kali tidak cepat. Berikut resep olahraga yang dapat kami berikan saat ini untuk membangun massa otot Anda:

  • Latihan aerobik atau cardio berupa lari atau jogging 30 menit selama 3 kali seminggu.
  • Latihan beban dengan dumbell atau barbel untuk otot bagian atas dan bagian bawah tubuh sebanyak 3 set, masing-masing set berisi 8 repetisi, dilakukan 2 kali seminggu.
  • Latihan push up, sit up dan back up sebanyak yang Anda mampu, dapat dilakukan setiap hari.

Selain olahraga teratur, asupan nutrisi juga sangat berperan penting. Makanlah makanan dengan kandungan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Makan teratur 3 kali sehari dengan camilan sehat 1-2 kali sehari. Asupan makanan harus mengandung karbohidrat, protein dan serat. Hindari makanan berlemak tinggi. Usahakan komposisi makanan Anda terdiri dari 40% karbohidrat, 40% protein, dan 20% lemak untuk tujuan meningkatkan massa otot. Merujuk kepada pertanyaan Anda mengenai kebutuhan protein, kita membutuhkan protein 2,2 gram/kilogram berat badan. Makanan yang mengandung protein tinggi contohnya adalah ikan, daging merah, susu, kacang-kacangan, dan telur. Dikenal dua jenis protein: whey protein dan casein protein. Protein whey diserap cepat oleh tubuh sehingga disarankan dikonsumsi setelah latihan fisik. Sementara protein casein diserap lebih lama sehingga dikonsumsi ketika tubuh tidak sedang beraktivitas berat seperti tidur. 

Pada program bulking, hendaknya tidak hanya berfokus untuk meningkatkan berat badan saja, melainkan membangun tubuh dan membentuk massa otot. Bila Anda ingin meningkatkan berat badan, perlu diketahui sebelumnya berat badan ideal Anda.

Demikian informasi yang dapat diberikan semoga bermanfaat. Salam sehat. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar