Sukses

Tangan Kasar dan Pecah-pecah
18 Feb 2019, 03:34 WIB
Pria, 26 tahun.

Malam dok,saya mau tanya dok,kenapa yaa tangan saya itu kok kasar banget yaa dokter?pecah2.dan kapalan.terkadang mau mengelupas .saya udh pake butter ,argan oil,olive pake scrub jga gk bisa halus.jadi gk pede.gmnya dok?adakah solusinya dok?

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Saya mengerti anda merasa tidak nyaman dengan keluhan-keluhan anda saat ini.

Dari penjelasan anda, saya menduga saat ini anda mengalami suatu keadaan yang disebut dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah peradangan kulit akibat kontak langsung dengan benda atau zat tertentu ,  yang dapat bersifat iritan (mengiritasi kulit) ataupun alergen (memicu reaksi alergi). Pada kasus anda, bila benar disebabkan oleh sabun, maka termasuk ke dalam dermatitis kontak iritan. Gejalanya berupa kemerahan dan gatal pada tempat kontak.

Yang kemudian menjadi perhatian saya adalah lokasi keluhan anda. Sabun memang bisa jadi penyebabnya, namun seharusnya keluhan yang ditimbulkan tidak terbatas pada jari-jari tangan anda, melainkan mengenai kedua tangan hingga pergelangan tangan anda.  Dengan demikian, kemungkinan dermatitis kontak akibat alergen masih belum dapat disingkirkan. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut dan beberapa pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. Anda akan menjalani tes alergi untuk mengetahui benda / zat apa yang menyebabkan keluhan anda.

Berhasil tidaknya pengobatan dermatitis bergantung pada risiko kontak dengan benda / zat yang menyebabkan timbulnya keluhan. Bila dapat dihindari pada gejala awal, keluhan biasanya menghilang dalam 2-4 minggu. Penggunaan obat antigatal dan kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangannya. Namun saat ini anda mengeluh kulit jari-jari tangan kasar dan pecah-pecah hingga menutupi sidik jari anda. Gambaran ini sudah termasuk dalam fase kronik, dan kemungkinan pajanan berulang benda / zat penyebab sangat besar.

Mengingat pentingnya mengetahui dengan jelas benda / zat penyebabnya, saran saya sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut.  Kulit kasar dan pecah-pecah dapat dikurangi dengan  penggunaan pelembab dan steroid secara berkala, namun sebaiknya dilakukan dengan pengawasan dokter yang kompeten.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu

0 Komentar

Belum ada komentar