Sukses

Luka Basah dan Bernanah

15 Feb 2019, 23:26 WIB
Pria, 28 tahun.

hbis kecelakaan suami saya di jait di tungkak dan di betis,,,jahitan di tungkak udah kering,,,dan benang udah di ambil semua,,bagian betis bwah jga jahitan udah kering dan benang jga dah di ambil tapi dibagian betis atas lukanya kq bernanah dan membentuk kaya koreng dan ndak kering-kering,,,gimana ya bu biar luka cepet kering???obat yang disarankan apa ya bu,,,soalnya bagian itu saja yg belum kering msih ada 3 jaihtan lgi yag belum bsa dia ambil,,pdhal udah hampir 2 bulan,,,,terimakasih

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah suami Anda memiliki penyakit kencing manis? Luka tak kunjung kering dapat dipengaruhi kadar gula pada tubuh seseorang. 

Bila telah terdapat nanah, maka kemungkinan telah terjadi infeksi pada luka. Apakah luka bekas operasi tersebut sering basah? Luka bekas operasi harus dijaga kering. Basah/ lembab merupakan 'musuh' dari penyembuhan luka bekas operasi. Kondisi basah/ lembab menjadi sarang bertumbuhnya kuman yang bisa menyebabkan peradangan dan menunda penyembuhan luka bekas operasi. Cara terbaik adalah mengganti perban/ kassa pembungkus tiap kali basah akibta keringat/ air mandi, yang terpenting adalah menjaga luka tetap kering.

Untuk kondisi Anda saat ini, sebaiknya mengunjungi kembali dokter bedah Anda untuk memeriksakan kondisi jahitan. Infeksi pada luka juga dapat menyebabkan jahitan terbuka/ tidak menutup sempurna. Bila diperlukan maka akan dibersihkan dan diberikan obat.

Demikian informasi yang dapat diberikan, salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar