Sukses

Hasil Pemeriksaan Rontgen Thoraks

15 Feb 2019, 21:33 WIB
Wanita, 24 tahun.

Pagi dok.. maf mau nanya dok. Jd bapak saya mengeluh dadanya,perut sama kepalanya yg sakit udh hampir 6bln terakhir . Dan mnggu kmren periksa ke spesialis. Kesan: bronchitis dg emfisematous pulmo, cardiomegali . ctr lebih 0,5 ,tensi darah 160 ,apex pulmo bersih.corakan bronchovasculer kasar dg klasifikasi (-). Tampak infiltrat peribronchal dg hiperareasi pulmo. Sinus CF tumpul. Diafragma licin. Kira" gimana ya . Bisa smbuh kan dok? Mohon jwbanya. Trmksh.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Perlu diketahui bahwa pemeriksaan rontgen hanya merupakan pemeriksaan untuk menunjang suatu diagnosis sehingga untuk memastikan diagnosis Anda perlu dilakukan wawancara medis terarah dan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter.

CTR adalah Cardio Thorax Ratio yang berarti rasio antara jantung dan dada Anda. Kondisi dimana CTR > 50% berarti terdapat pembesaran dari jantung atau kardiomegali. Sedangkan corakan bronkovaskuler meningkat dan tampak bercak perihiler menunjukan adanya proses infeksi atau peradangan pada paru. 

Untuk mengetahui infeksi apa, diperlukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, disamping itu juga diperlukan wawancara medis secara lengkap. Pemeriksaan rontgen hanyalah pemeriksaan penunjang saja, untuk menentukan diagnosa suatu penyakit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. Oleh karena itu ada baiknya Anda membawa hasil radiologi ayah Anda tersebut kepada dokter yang menangani Anda atau dokter spesialis penyakit dalam dan melakukan konsultasi secara langsung.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar