Sukses

Limfadenitis Tuberkulosis

15 Feb 2019, 14:34 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya, dileher sebelah kanan saya ada benjolan. Sudah di AJH hasil kesimpulannya tidak ditemukan sel ganas, pendapat limfadenitis supurativa ( abses ) kemungkinan adanya proses tuberkulosis kaseosa. Yang saya tanyakan apakah benjolannya harus dioprasi dok? Sebelumnya terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Limfadenitis merupakan peradangan pada kelenjar limfe atau getah bening. Jadi, limfadenitis tuberkulosis (TB) merupakan peradangan pada kelenjar limfe atau getah bening yang disebabkan oleh basil tuberculosis. Tuberkulosis dapat melibatkan berbagai sistem organ di tubuh. Meskipun TB pulmoner adalah yang paling banyak, TB ekstrapulmoner juga merupakan salah satu masalah klinis yang penting. Istilah TB ekstrapulmoner digunakan pada tuberkulosis yang terjadi selain pada paru-paru

Untuk mendiagnosa limfadenitis TB diperlukan tingkat kecurigaan yang tinggi, dimana hal ini masih merupakan suatu tantangan diagnostik untuk banyak klinisi meskipun dengan kemajuan teknik laboratorium. Anamnesis dan pemeriksaan fisik yang lengkap, pewarnaan BTA, pemeriksaan radiologis, dan biopsi aspirasi jarum halus, biopsi dan kultur   merupakan pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendiagnosa penyakit ini.

Cara penularannya sama dengan TB lain yaitu melalui droplet, maun droplet ini di cek dulu apakah mengandung kuman tuberculosis atau tidak. Jika mengandung kuman ini maka akan menularkan. Diperlukannya pengobatan yang tidak putus selama minimal 6-9 bulan (tergantung dengan kondisi penyakit itu sendiri). Dan pada umumnya tidak diperlukan operasi jika penyebabnya tuberkulosis. 

Anda dapat berkonsultasi denga dokter yang menangani masalah kesehatan anda saat ini, diperlukannya kontrol rutin agar penyembuhan bisa optimal.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar