Sukses

Seputar Sakit Kepala

15 Feb 2019, 11:57 WIB
Pria, 23 tahun.

Saya sering sakit kepala. Ditambah leher belakang sakit dan pundak kanan terasa pegal agak panas atau bagaimana. Yang jelas tidak nyaman. Datangnya tidak tentu berapa hari atau berapa bulan sekali. Untuk sakit kepala memang dari kecil TK sampe sekarang saya lulus kuliah dan kerja sangat sering terjadi. Saya masih ingat SD dulu saya sering muter-muter kepalanya (saya baru tau kalo itu vertigo) tapi sekarang sudah tidak pernah pernah. Biasanya kalau sudah pusing, bisa 2-3 hari. Kadang 1 hari semalam saja sudah hilang. Tapi biasanya akan tiba-tiba terasa kalau habis makan gorengan atau makan-makanan yang berlemak. Sakitnya juga pindah-pindah. Kadang di kelopak mata, kadang sakit sebelah, kadang di atas kadang juga terasa sakit semua karena bingung tidak bisa membedakan bagaian mana yang sakit. Pernah cek kolesterol karena kata ibu saya itu kolesterol. Tapi semuanya bagus. Saya pernah di kasih obat pelebar pembuluh darah tapi cuman 1/4 sekali minum karena 1 minggu sakit kepala + leher + mual tidak hilang. Akhir-akhir ini sering datang sakitnya. Entah karena maag, atau gigi lubang (saya punya gigi lubang tapi 1 minggu yang lalu sudah saya tambal, katanya gigi lubang bisa menyebabkan sakit kepala), stress (pekerjaan saya adalah programmer, jadi otak mikir keras terus dok), kurang tidur (kadang saya tidurnya pagi) atau apa. Saat saya 1 minggu lalu ke RS untuk tambal gigi, saya konsul juga mengenai sakit kepala dan leher ini. Saya diarahin ke bagain fisioterapi, tapi saya sendiri belum ambil perawatan apapun. Waktu sekolah dan kuliah dulu kalau sakit kepala saya biarkan aja. Paling saya buat tidur. Bahkan sekedar minum oskadon dll tidak pernah karena memang sering, jadi saya mikirnya kepala saya cepet sembuh tapi ntar ginjal saya yang rusak. tapi sekarang saya sudah kerja. saya tidak bisa mikir kalo sakit. jadi saya minum oskadon, kadang panadol, kadang asam mefenamat. Kemaren saya ke century dikasih Dizine 5mg. Bagaimana dokter?

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Bila keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat/diikat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH. Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher/tengkuk, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian

Gangguan tidur

Posisi tubuh yang salah saat bekerja

Waktu makan yang tidak teratur

Kelelahan mata

Penghentian konsumsi kafein

Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Struktur kepala tertentu sensitif terhadap nyeri, sedangkan otak sendiri tidak sensitif terhadap nyeri . Strutur kepala tersebut adalah :

Kulit kepalaAliran darah ke kulit kepalaOtot kepala dan leherPembuluh darah di rongga sinusPembuluh darah di daerah selaput otakSerabut saraf otak ( saraf cranial V,IX,X )Pembuluh darah besar di otak besarBagian dari selaput otak yang merupakan dasar dari otakGangguan yang terjadi pada salah satu struktur kepala tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk memastikannya, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sulit untuk kami menentukan penyebab keluhan Anda, jika hanya berdasarkan keluhan yang Anda utarakan.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adala;

Minum obat penghilang rasa sakitIstirahatApabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat, rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat, segeralah datang ke Dokter. Diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab sakit kepala Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar