Sukses

Benjolan di Dubur
14 Feb 2019, 13:10 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sore dok..maaf dok saya mau tanya..?? Bahayakah bila ada daging tumbuh di daerah dubur saya dok?? Daging itu mulai muncul setelah saya melahirkan anak ke2 saya..dan itu ukrannya masih sangt kecil...skrg saya baru saja melahirkan anak ke4 saya..dam ukrannya pun masih ttp sama..tapi ketika saya BAB,,say mengalami kesulitan akibat BAB yg keras dan slalu ada darah yg ikut keluar saat BAB...dan sepertinya membuat daging yg berada di sekitar anus ikut robek atau apalah saya gak tau..dan ukurannya pun sdh sebesar biji jagung..saya selalu merasa kesakitan stlah BAB dan merasa selalu ketakutan ssat mu BAB..apkah akibat dri bab yg keras ttis yerjafinya pembekakan di daging itu..??apakah bisa kembali seperti sebelumya dok daging tumbuh tesebut Terimahkasih dok..maaf sedikit kurang sopan kata2nya...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan di dubur menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Agak sulit untuk menentukan apa penyebab dari benjolan dubur Anda apabila tidak melihat dan memeriksa secara langsung. Apabila ditanyakan mengenai kemungkinannya, maka memang mungkin bahwa benjolan tersebut adalah ambeien/hemoroid atau penyakit condiloma akuminata yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus. Namun apakah benjolan tersebut berasal dari lubang dubur atau berasal dari sekitar anus? seandainya berasal dari lubang dubur, apakah benjolan tersebut dapat masuk kembali dengan sendiri, perlu dibantu untuk dimasukkan, atau tidak dapat masuk dan terus-menerus berada di luar? Hal ini penting untuk menentukan stadium hemoroid.

Saat ini berdasarkan data yang Anda berikan, ambeien memang menjadi salah satu diagnosis banding penyebab paling mungkin dari keluhan yang Anda rasakan. Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus.

Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB.

Terdapat krim yang digunakan untuk wasir namun krim tersebut hanya mengurangi rasa sakit saja dan bukan menyembuhkan. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation.

Namun, untuk memastikan diagnosis penyebabnya sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter umum atau dokter spesialis bedah untuk evaluasi lebih lanjut dan perencanaan terapi yang adekuat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar