Sukses

Anak Umur 2 Tahun Gigi Copot Karena Terjatuh
13 Feb 2019, 22:46 WIB
Wanita, 22 tahun.

Mau tanya dong dok, anak saya umur 2tahun,tadi habis jatuh dan gigi nya copot yg atas sebelah kiri,, itu nanti bisa tumbuh lagi gak ya dok, dan kalau bisa itu kapan? Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokjter.

Trauma atau cedera pada gigi sulung ini bervariasi, dan biasanya mengenai gigi depan atas atau pun bawah. Gigi yang cedera bisa patah, berubah posisi, goyang, bahkan tanggal (avulsi).

Apabila saat anak terjatuh di usia 2 tahun dan gigi susu depannya tanggal, gigi permanen penggantinya masih tetap dapat tumbuh selama benih giginya memang ada. Namun adanya trauma dapat menyebabkan gangguan pembentukan email gigi permanen. Salah satu manifestasinya adalah bercak-bercak putih yang baru akan terlihat setelah gigi permanen erupsi.

Pada keadaan nornal, gigi susu depan akan tanggal dan digantikan gigi permanen saat anak berusia kurang lebih 6 tahun. Kondisi benih gigi permanen dapat dilihat dengan pemeriksaan foto rontgen. Cedera yang dialami gigi susu dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan gigi permanen penggantinya. Oleh karena itu, anda perlu memeriksakan anak ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis gigi anak secara berkala untuk follow-up dan mendeteksi dini jika terdapat kelainan.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Smeoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar