Sukses

Rahang Bergeser Dan Gigi Tidak Rapi
13 Feb 2019, 21:40 WIB
Wanita, 22 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya. Jadi, seingat saya +-7 tahun yg lalu rahang saya mulai bergeser. Waktu itu seingat saya, saya sedang mencari "posisi yg nyaman" untuk gigi saya. Jadi kedua rahang saya ini jika dlm posisi lurus, memang membuat mulut saya tidak tertutup sempurna. Agak sulit menjelaskannya hehe, jadi jika kedua rahang saya dalam kondisi lurus, gigi gigi saya bagian depan tidak mengatup sempurna (ada celah), tp yg bagian dalam/gigi geraham yg dalam dpt mengatup. Semenjak saat itu saya merasa lebih nyaman karena kedua rahang saya dpt mengatup mulai dari depan hingga belakang. Kemudian saat rahang saya bergeser, saya tidak mengalami keluhan nyeri/bunyi "klik" hingga sekarang ini. Namun lama kelamaan, rahang saya semakin bergeser ke kiri yang membuat saya tidak pede ketika difoto (sangat terlihat jika rahang saya miring). Kebetulan, gigi saya yg di rahang bawah juga tidak rapi dan ada impaksi di rahang bawah kiri. Pertanyaan saya, apakah saya bisa membetulkan rahang saya yg bergeser dengan menggunakan behel? Jadi rahang saya bisa kembali seperti semula tetapi gigi saya juga menjadi rapi. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Kelainan pada sendi rahang seperti yang kemungkinan besar Anda alami memang tidak terjadi tiba-tiba. Dapat disebabkan karena trauma, mungkin dulu pernah terbentur di daerah tersebut. Atau bisa juga karena kebiasaan buruk, seperti bruxism yaitu kebiasaan mengerat gigi pada saat tidur malam. Mungkin juga karena adanya perawatan gigi yang kurang baik kualitasnya (seperti tambalan atau mahkota tiruan) yang menyebabkan oklusi / penutupan gigi yang kurang nyaman sehingga rahang sedikit bergeser untuk mencari posisi yang nyaman saat menutup mulut.

Kelainan sendi rahang cukup berbahaya bila dibiarkan karena rasa sakit dapat menjadi lebih berat, dan sendi rahang dapat menjadi rusak, bergeser, atau diskusnya yang rusak. Oleh karena itu saya sarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi spesialis prosthodontik atau orthodontik untuk mendapatkan perawatan. Bila ditangani secara dini, sendi rahang Anda dapat kembali seperti semula. Perawatan yang akan diberikan sangat bergantung kepada kasus.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar