Sukses

Tulang Hidung Bengkok
13 Feb 2019, 05:59 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalamualaikum dok . Saya mau nnya . Tulang lunak hidung saya sedikit ke kiri dok dan susah untuk bernafas di bagian kiri . Kejadian luka nya di karenakan terkena tendangan bola yang cukup keras jadi tulang idung bagian kiri agak menutupi lubang hidung . Apa solusi nya ya dok .? Apakah kalau di biarkan tulang lunak idung bisa kembali normal kembali ? Atau bengkok permanent

Terima kasih telah bertanya seputar Tulang hidung bengkok menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Nampaknya yang Anda maksud dengan hidung bengkok adalah deviasi septum atau tulang rawan sekat rongga hidung yang miring posisinya. Keadaan ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, umumnya karena trauma pada hidung. Septum deviasi jika tidak diatasi segera dapat menyebabkan keluhan hidung mampet, dan dengan adanya riwayat alergi debu/rinitis alergi maka dapat berkembang menjadi sinusitis. Sinusitis ini ditandai dengan nyeri pada wajah, hidung mampet, dan adanya sekret yang berbau.

Penanganan deviasi septum tergantung dari beratnya "pembengkokan" yang ada. Untuk mengatasi gejala sementara dapat diberikan obat seperti dekongestan dan steroid nasal. Namun, bila sudah menyebabkan komplikasi seperti sumbatan saluran udara yang signifikan, sinusitis kronik atau mimisan berulang yang dapat mengganggu kualitas hidup, tindakan operasi seperti septoplasti dapat dipertimbangkan. Tujuan operasi adalah mengatasi penyebab keluhan yakni dengan mereposisi/mengembalikan struktur septum hidung sehingga aliran udara pun dapat kembali normal. Namun hal ini paling baik didiskusikan dengan dokter spesialis telinga-hidung-tenggorokan (THT) yang menangani Anda yang paling mengetahui kondisi hidung Anda saat ini.

Demikian informasi seputar Tulang hidung bengkok yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,  

0 Komentar

Belum ada komentar