Sukses

Pengobatan Adenomiosis
13 Feb 2019, 05:21 WIB
Pria, 43 tahun.

Salam dokter, saya ibu rumah tangga yg punya anak 1, usia 14thn. Melahirkan dengan cara cesar. Pd thn 2017 saya pernah hamil dan pd pemeriksaan diketahui bahwa saya memiliki myom, dan akhirnya kandungan tidak berkembang dan terpaksa digugurkan. Pd saat itu saya meminta untuk pengangkatan myom, tp dokter mengatakan myomnya tidak besar jd tdk perlu diangkat. Sekarang sy merasa ada benjolan diperut yg semakin besar, jd sy periksa lagi ke dokter kandungan. Setelah usg dikatakan bahwa yg ada bukan myom, mohon diketahui pernyataan myom dulu bukan hanya dr 1 dokter, tp sdh 3 dokter yg mengatakan itu adalah myom. Dokter terakhir ini mengatakan, ini adalah rahim bengkak atau adenomiosis dan kista ovarium. Penanganan nya hanya disarankan minum obat sampai saya menopause. Pertanyaan saya apakah tidak ada pengobatan lain yg bisa dilakukan agar sy tidak bergantung pd obat? Karena saya memiliki toleransi obat yg tinggi. Mohon bantuannya dan dimanakah sy bisa mendapatkan pengobatan yg menyeluruh. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Adenomiosis sering kali mereda pasca menopause, yang membuat penanganan bergantung dari seberapa jauh individu dengan kondisi ini dari fase tersebut.

Beberapa pilihan penanganan pada adenomiosis mencakup:

  • Pengobatan antiradang. Dokter dapat meresepkan penggunaan obat antiradang untuk mengatasi nyeri yang timbul. Umumnya, obat ini akan direkomendasikan untuk dikonsumsi satu hingga dua hari sebelum menstruasi berawal serta sepanjang terjadi menstruasi.
  • Pengobatan hormonal. Pengobatan hormonal kombinasi estrogen dan progesteron dapat membantu meringankan perdarahan yang berlebih serta nyeri yang dikaitkan dengan terjadinya adenomiosis.

Pengobatan yang hanya mengandung progestin sering kali menyebabkan terjadinya amenorea, atau tidak adanya haid, yang dapat membantu meringankan keluhan.

  • Bila nyeri yang terjadi sangat berat dan penanganan lainnya tidak menunjukkan adanya manfaat, dokter dapat merekomendasikan untuk dilakukan pembedahan pengangkatan rahim.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar