Sukses

Kaki Terlihat Kecil
13 Feb 2019, 05:19 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, mohon pertanyaan saya dijawab dengan detail ya dok, dan tolong pahami dengan baik karena ini sangat menganggu Saya memiliki ukuran kaki yang sangat kurus, tidak sebanding dengan badan saya, saya emang kurus tapi badan saya tidak kelihatan kurus karena bahu yang lebar. Yang menggangu adalah kaki yang sangt kurus dan kecil, saya sangat minder akan hal ini. Saya bs maklumi karena tiap hari kegiatan saya dirumah dan bekerja di depan komputer, sehingga kegiatan di otot kaki saya dikit. Tapi tidak seharusnya sekecil ini, apa dokte bisa bantu?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ada beberapa hal yang sebenarnya perlu kami ketahui. Berapa berat badan dan tinggi badan Anda? Berapa lingkar tungkai bawah Anda?

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kaki terlihat kurus antara lain karena:

  • Asupan energi sehari-hari yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan.
  • Metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).
  • Dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis,atau penyakit pada tulang.

Bagaimana pola makan Anda? Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan aktivitas Anda? Apakah Anda rajin berolahraga? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu, berdebar-debar, gangguan menstruasi, sering berkeringat, tangan gemetar, sering buang air besar?

Makanlah secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Serta ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan massa tulang.

Makanlah lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu.

Berolahragalah secara teratur. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda serta melancarkan pencernaan Anda.

Apabila cara di atas belum berhasil, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar