Sukses

Tips mengencangkan bokong
11 Feb 2019, 21:15 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, kalau pantat saya sering di remas remas sama suami saya apakah bisa terjadi perubahan ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar tips mengencangkan bokong menggunakan fitur Tanya Dokter. 

 

Untuk mengencangkan bokong, dengan sering meremasnya tidak akan terjadi perubahan apa-apa.

Terdapat beberapa cara mengencangkan bokong yang dapat Anda lakukan. Sebagai langkah awal, untuk mendapatkan bokong kencang dapat dilakukan dengan cara olahraga atau fitness.

Kami menyarankan agar Anda berolahraga dengan teratur. Untuk olahraga ketahanan seperti angkat beban dan alat-alat lain untuk mengencangkan otot-otot tubuh, lakukanlah mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri.

Beberapa gerakan yang dapat membantu mengencangkan bokong:

- Gerakan fire hydrant:

Gerakan ini awalnya dilakukan dengan posisi merangkak. Kemudian, angkat satu lutut keluar hingga membentuk huruf L atau sudut 90 derajat. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu lakukan juga dengan kaki yang lainnya. Gerakan ini tak hanya baik untuk mengencangkan bokong, tapi juga bagus untuk membantu Anda mengencangkan perut sekaligus meningkatkan stabilitas pinggul.

- Gerakan Squat

Squat adalah gerakan yang paling mendasar bila Anda ingin membentuk bokong. Pasalnya, gerakan ini memperkuat hampir setiap otot di tubuh bawah Anda, termasuk perut, paha, sampai betis. Jenis squat ada bermacam-macam, seperti mini band squat, goblet sumo squat, squat to overhead press, squat jack, squat with front raise, squat jump, squat with chest press, split squat, dan split squat to shoulder raise. 

Tiap gerakan squat punya ciri khasnya masing-masing. Untuk menentukan gerakan squat mana yang paling cocok untuk Anda, lebih baik berkonsultasi dengan intruktur atau pelatih kebugaran agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

- Berlatih Zumba

Zumba merupakan tarian kebugaran yang menggabungkan antara samba, salsa, reggae, hiphop, dan beberapa jenis tarian lainnya.

Olahraga ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari rasa “fun” ketika sedang latihan fisik, terutama bila Anda termasuk orang yang tidak menyukai lari, Zumba bisa jadi alternatif. Melakukan Zumba selama 1 jam dapat membakar setidaknya 400 kalori. 

 

Di luar faktor usia, duduk terlalu lama setiap harinya bisa membuat bokong Anda menjadi tidak berisi. Tak hanya itu, terlalu lama duduk juga dapat memicu nyeri pada punggung bawah. Bukan hanya sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan bentuk tubuh, otot bokong yang kuat merupakan kunci penting agar Anda dapat menyelesaikan aktivitas sehari-hari, mulai dari berolahraga hingga aktivitas sehari-hari seperti berjalan, membersihkan rumah, atau menaiki tangga. Ketika otot bokong kuat dan kencang, sistem panggul pun bisa menjalankan fungsi utamanya, seperti membantu Anda berjalan, berlari, melompat, dan jongkok. Jika otot bokong tidak kuat, Anda pun tidak bisa melakukan beragam gerakan krusial ketika berolahraga.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengencangkan bokong. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar