Sukses

Menstruasi tidak teratur disertai benjolan payudara membesar saa
11 Feb 2019, 21:20 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mempunyai siklus menstruasi yg tidak teratur ,kadang saya menstruasi 2 bulan sekali ,kadang 1 bulan 2 kali tapi lebih seringnya 2 bulan sekali. Itu penyebabnya apa yah dok ? Bagaimana cara mengatasi agar menstruasi lancar tiap bulan ? Terus udah 2 tahun ini saya ada benjolan di payudara ,benjolan membesar sebiji salak ketika saya sedang mentruasi tetapi setelah selesai menstruasi benjolan tersebut mengecil dok ,ketika menstruasi membesar lagi dan ketika selesai mengecil lagi ,apakah itu karena pengaruh hormon pada menstruasi saya yg tidak normal ya dok ? Ataukah benjolan tsb malah semacam tumor jinak ? Mohon jawabannya dok. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar menstruasi tidak teratur disertai benjolan payudara membesar saat menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

 

Mengenai menstruasi anda kemungkinan tidak teratur akibat ketidakseimbangan hormon. Periksakan ke dokter kandungan agar dapat di USG dan juga dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan.

Benjolan pada payudara yang membesar saat menstruasi kemungkinan besar akibat suatu Mammary Displasia. Penyakit fibrokistik (Mammary dysplasia) merupakan kondisi yang ditandai penambahan jaringan fibrous (jaringan ikat) dan glandular (kelenjar). Mammary dysplasia dapat memberikan gejala berupa benjolan yang biasanya multipel, terdapat penebalan, dan rasa nyeri. Pertumbuhannya dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi. Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang.

Untuk memastikan hal tersebut, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah umum atau dokter spesialis bedah onkologi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai menstruasi tidak teratur disertai benjolan payudara membesar saat menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar