Sukses

Benjolan Di Selangkangan Wanita

11 Feb 2019, 21:23 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam dok. saya perempuan usia 19 thn belum menikah. sudah hampir 2 minggu ini ada benjolan di selangkangan sebelah kanan dekat vagina dan rasanya padat dan tidak bergerak, ukurannya mungkin sebesar kacang polong, tidak terlihat dari luar hanya terasa jika diraba, warna kulit normal, benjol tidak nyeri. saya sudah ke dokter 5 hari lalu dan diberikan antibiotik clindamycin hydrochloride 300mg, namun benjolannya masih ada dan saya merasa muncul lagi benjolan lainnya berada dibawah perut kanan. saya juga baru merasakan perut bawah kanan saya seperti ada sesuatu yg keras dan cukup lebar. selama 2 minggu ini beberapa gejala yg saya rasa adalah demam tapi paling tingginya 36,5, perut rasa tidak enak juga agak membesar dan mudah kenyang makan sedikit, sedikit gemetar terjadi 2 kali disertai lemas, agak sesak nafas terjadi 2-3 kali. saya khawatir ini kanker dok, saya baca di internet tapi saya tdk mengalami berkeringat di malam hari dan nafsu makan saya normal. keluarga saya tidak punya riwayat sakit kanker/tumor. saya mohon pencerahannya dok karena saya tidak punya byk uang untuk bisa ke dokter di RS. penyakit apakah ini? pemeriksaan apa yg harus saya lakukan?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Benjolan Di Selangkangan Wanita.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenajar getah bening). Apabila penyebabnya adalah infeksi, maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya.

Untuk itu, saya sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan, maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Benjolan Di Selangkangan Wanita. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar