Sukses

Efek Samping Ibuprofen dan Nyeri Telinga
08 Feb 2019, 08:23 WIB
Pria, 27 tahun.

Salam. Dok syaa mau bertnya.. Sebulan lebih ini sya berobat di puskesmas di dokter spesialis THT. Awalnya sya membersihkan telinga sya.. telinga kanan sya udah bersih namun telinga kiri sya susah dibersihkan krna kotorannya susah dibersihkan krna liangnya kecil. Pembersihan itu mengakibatkan telinga kiri sya terasa nyeri smpai mengakibatkan sakit kpla. Dokter kasih beberapa obat salah satunya Ibuprofen. Selama sebulan sya konsumsi obat trsebut dan trnyata ada efek samping dri penggunaan obat itu yg lama. Perut sy smpat sakit. Dan smpai skrg (maaf) sprti adaa cairan kluar dri dubur sya berbau obat.. cairannya sdkit brwarn putih. Bgmna itu dok, sy takut nnt trjdi apa2. Krna telinga sy nyeri skali klo tdk minum obat trsebut. Terima kasih.

Terimakasih sudha bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Ibuprofen merupakan obat anti inflamasi (anti radang) golongan non steroid, obat ini juga dapat berfungsi sebagai anti-nyeri dan anti-piretik (penurun demam).

Efek samping obat ini paling sering adalah gangguan saluran cerna seperti mual, muntah, diare, nyeri ulu hati. Selain itu biasa juga menyebabkan alergi berupa kemerahan di kulit dan bronkospasme (penyempitan saluran napas). Efek samping yang sangat jarang terjadi adalah gangguan penglihatan berupa pandangan kabur dan gangguan penglihatan warna. 

Jika sampai sekarang masih mengalami nyeri, harus dievalusi ulang oleh dokter spesialis THT terdekat utnuk dicari tahu penyebab nyerinya apakah dikarenakan infeksi, trauma terhadap telinga, atau sumbatan pada saluran tuba. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar