Sukses

Keluhan Nyeri Perut
08 Feb 2019, 07:14 WIB
Wanita, 16 tahun.

Siang dok,Beberapa Minggu lalu saya pergi ke mantri Untuk memeriksa penyakit saya, yang saya keluhkan adalah asam lambung terasa panas dan sering muntah , di kasih obat sama Mantri Tapi 3 hari belum sembuh padahal obatnya sudah habis , dan Saya coba pergi ke rumah sakit Bayangkara , di periksa dokter hanya asam lambung dan telat makan . Di kasih obat dan suntik anti nyeri , lalu pulang sudah 4 hari Saya masih merasakan sakit dan sakitnya itu dari Lambung dia turun ke perut tengah dan ke Perut kiri ,lalu langsung ke perut kanan , Nahh , disitu Keluarga saya mengira saya usus buntu dan di bawah ke rumah sakit di kampung laluu, saya di fonis Usus buntu , tapi saya Tidak percya mereka sudah mau melakukan oprasi tapi saya tidak mauu . Sampai" saya di rumah sakit sudah 5 hari dan itu hanya di kasih anti nyerii Setelah saya pulang ke rumahh Sakit itu hilangg sudah 5 harii , Dan saya sudah menkonsumsi pedas"an Tapi tidak sakit ,, Singkat yang di atas saya sakit di bagian lambung terus kebawah dan dia sakit ke perut kirii dan melanjutkan kekanan , nd rasa pusing dan muntah mual Penyakit ap itu dok sebenarnya ?

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Penyakit maag adalah ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Penyakit ini ditandai dengan menyebabkan keluhan nyeri perut ulu hati, sensasi sesak nafas, mudah mual muntah, atau kembung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Tetapi untuk mengetahui suatu kondisi yang mendasari keluhan Anda secara pasti, maka diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh, termasuk wawancara medis untuk mengetahui riwayat penyakit sebelumnya dan memperkirakan kemungkinan pemicu dan penyebab keluhan Anda. Selain itu, diperlukan pemeriksaan fisik mendetil untuk memeriksa bagian perut. Pemeriksaan tambahan seperti USG perut juga mungkin diperlukan untuk mengetahui kondisi bagian dalam perut. Pemeriksaan darah juga diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat infeksi atau peradangan di dalam rongga abdomen.

Untuk itu kami sarankan agar Anda mmengunjungi dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar