Sukses

Penanganan Patah Tulang
08 Feb 2019, 07:13 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, tngan sya ptah tulang 1 dok, yang 1 msh baik.. Kjadian sdah 3 minggu, untuk penangnan yg tepak bgaimna dok? Terimakasih

Terimakasih sudah bertanya mengenai penanganan patah tulang dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Apakah Anda sudah memeriksakan diri ke dokter? Apakah sudah dilakukan pemeriksaan sepert foto rontgen? Penanganan patah tulang tidak boleh diurut dan harus dibawa ke dokter atau dokter spesialis bedah tulang. Hal ini agar mendapat penanganan yang tepat dan mencegah terjadinya deformitas tulang (penyembuhan patah tulang dengan bentuk abnormal)

Lama penyembuhan patah tulang biasanya 6-12 bulan. Namun, secara keseluruhan waktu penyembuhannya bervariasi bergantung pada jenis patah tulang (terbuka atau tertutup), jenis fraktur, lokasi patah tulang, derajat kerusakan dan pendarahannya.

Proses penyembuhan tulang dapat dibantu dengan asupan nutrisi yang tepat dengan makanan bergizi secara seimbang yang mengandung karbohodrta, lemak, protein, mineral yang cukup untuk membentuk kembali jaringan yang rusak. Penambahan suplemen kalsium, vitamin D dan vitamin C secukupnya juga diperlukan. Kalsium berperan dalam pembentukan tulang, vitamin D membantu penyerapan kalsium secara maksimal, sedangkan Vitamin C membantu produksi kolagen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan tulang. selain itu, sebaiknya hindari aktifitas atau gerakan yang memberikan beban terhadap tulang yang patah. Lakukan latihan atau rehabilitasi untuk menambah kekuatan otot dan mempercepat penyembuhan. Mengenai jenis latihannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis rehabilitasi medik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai penanganan patah tulang, semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar