Sukses

Gigi Goyang Setelah Lepas Behel

07 Feb 2019, 10:44 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dok, awal tahun 2015 saya sempat pasang behel tapi hanya sebentar yaitu sekitar 10 hari. Behel saya lepas karena saya merasa sangat tidak nyaman, saya merasa nyeri di rahang gigi. Setelah behel lepas seluruh bagian gigi saya seperti goyang walaupun goyangan tidak terlalu, gigi seperti lunak. Apakah itu berbahaya buat gigi saya dok? Karena lepas behelnya sudah lama, hampir 4 tahun yang lalu tapi goyangnya masih terasa sampai sekarang. Apakah memang gigi saya tidak akan kuat lagi seperti semula? Sebaiknya tindakan apa yang saya lakukan dok? Terimakasih atas jawabannya dok

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan. Dan variasi dari kasus yang memerlukan perawatan dengan menggunakan alat orthodonti ini cukup banyak, dari kasus dengan posisi gigi yang tidak terlalu berantakan sampai posisi gigi yang tidak rapih disertai kelaianan rahang. Dan dalam penanganannya dokter gigi spesialis orthodonti yang paling ideal dan kompeten.

Perawatan orthodontik terdiri dari beberapa komponen yaitu kawat gigi (wire), bracket (awam menyebutnya behel), rubber band (karet yang dipasang pada bracket untuk menahan kawat), dan molar band (dipasang pada gigi belakang, menahan ujung kawat agar tidak lepas dan melukai jaringan lunak mulut). Kawat yang dipasang pada bracket akan menghasilkan gaya untuk menggeser gigi. Gaya tersebut membuat gigi bergerak ke arah yang diinginkan dan otomatis membuat gigi-gigi menjadi sedikit goyang. Namun kegoyangan ini adalah hal yang normal, anda tidak perlu khawatir. Gigi yang posisinya paling miring biasanya akan mengalami goyang lebih besar. Sebaiknya pasien yang sedang dalam proses perawatan ini selalu tepat waktu dalam kontrol ke dokter gigi dan menghindari makanan yang keras. Namun jika terasa mengganggu ada baiknya kembali berkonsultasi dengan dokter gigi Anda. Saya sarankan Anda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter gigi sehingga bisa diatasi sesuai kondisi giginya.

Demikian informasi yang dapat diberikan. Semoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar