Sukses

Mulut terasa asam dan tenggorokan mengganjal
05 Feb 2019, 17:20 WIB
Pria, 37 tahun.

Maaf mau tanya dok. Bbrp waktu lalu saya sakit radang amandel (ada bintik putihnya) tapi setelah ke dokter tht dan diobati dengan antibiotik sekarang sudah mereda. Sekarang ada permasalahan baru, yang saya rasakan (setelah beberapa pekan konsumsi obat dokter tht) mulut saya sering terasa asam dan air liur kental plus ada rasa mengganjal di tenggorokan. Waktu ke dokter tht saya juga diberi celestamine dan sistenol, tapi efeknya tenggorokan saya sakit. Itu kenapa ya dok? Mohon sarannya, terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar mulut terasa asam dan tenggorokan mengganjal menggunakan fitur Tanya Dokter.

 

Celestamine adalah obat anti radang yang membantu amandel anda untuk mengecil akibat adanya peradangan, juga mengurangi rasa gatal atau tidak nyaman pada tenggorokan, sedangkan Sistenol berfungsi meredakan nyeri dan demam. Celestamine memiliki efek samping (yang tidak dialami oleh semua orang), salah satunya merupakan gangguan pencernaan meliputi mual, perut kembung, muntah, sakit perut, hingga tukak lambung. Mungkin saja mulut terasa asam akibat asam lambung yang naik ke tenggorokan sehingga terasa mengganjal, dan akibat asam bersifat iritatif sehingga menimbulkan gejala tersebut. Apakah saat ini anda masih mengonsumsi obat tersebut? Dan adakah riwayat magh sebelumnya, ataupun kebiasaan sering telat makan, maupun cemas berlebih akibat penyakit anda? Hal tersebut juga dapat menaikkan asam lambung.

Kami sarankan agar anda kembali ke dokter THT anda agar dapat diketahui apakah obat tersebut yang memang menyebabkan keluhan baru, dan jika iya dapat diganti dengan obat lain.

 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai mulut terasa asam dan tenggorokan mengganjal. Semoga bermanfaat. Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar