Sukses

Tifoid Berulang

31 Jan 2019, 10:11 WIB
Pria, 40 tahun.

Dok,anak saya yang kelas 3 sd barusan terkena tipus positif 6. Telah dirawat selama 5 hari dan telah disuntik antibiotik tipus hingga tuntas.Tetapi ketika kami keluar dari RS,malamnya anak saya demam hingga tempnya 38,muntah dan nyeri di ulu hati.Ketika saya bawa ke RS yg sama lagi,dan dicek darahnya,hasilnya positf 8 tipus.Pertanyaan saya,apakah hal tsb mgkn terjadi?atau ada kemungkinan kesalahan di pemeriksaan lab?bagaimana solusinya?

Terima kasih telah bertanya tentang mengenai tifoid berulang melalui fitur Tanya Dokter. 

Tifoid memang dapat berulang atau terjadi dalam waktu yang panjang. Ada beberapa penyebabnya, tetapi pada dasarnya disebabkan oleh bakteri yang belum sepenuhnya tereliminasi. Yang paling penting adalah pencegahannya. 

Berikut pencegahan demam tifoid:

Ketahui dengan pasti makanan yang Anda makan dimasak sematang mungkin

Ketika Anda merasa bahwa tubuh Anda sedang kurang fit, hindari jajan sembarangan karena pada dasarnya penyakit apapun akan lebih mudah menyerang saat tubuh kita dalam kondisi yang kurang prima.

Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah Anda makan, ikuti 7 langkah mencuci tangan yang dianjurkan WHO (Baca: Bagaimana Mencuci Tangan yang Benar?)

Jika memungkinkan, bawalah perbekalan makan dari rumah, segala sesuatu yang dimasak di rumah sendiri seharusnya lebih higienis daripada yang biasa Anda dapatkan di tempat umum.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar