Sukses

Nyeri dada lama dan kram jari-jari tangan dan kaki

29 Jan 2019, 10:17 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok temen saya sering nyeri dada lama sama kram di jari jari tangan sama kaki. Itu kenapa ya dok?

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.  

Sejak kapan keluhan sakit dada dirasakan? Seperti apa sakit dada tersebut, apakah seperti tertekan benda berat, seperti terbakar? Apakah ada penjalaran ke lengan kiri, dagu, atau menembus ke punggung? Apakah ada keringat dingin saat sakit dada muncul? Adakah riwayat dada terbentur sebelumnya? Adakah riwayat asma?

Informasi tersebut diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Ada banyak penyebab sakit dada. Sakit dada tidak selalu disebabkan oleh jantung. Keluhan seperti yang Anda sebutkan dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. Apakah karakter nyeri teman Anda seperti ini?

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan obat jantung yang diletakkan dibawah lidah (nitrogliserin sublingual). Bagaimana dengan teman Anda?

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang: biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri akan membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
  • Nyeri karena saluran pencernaan: biasanya karena maag/GERD. Gejala berupa rasa asam atau pahit di mulut dan nyeri ulu hati. Nyeri ini berkurang dengan pemberiaan obat lambung atau maag.
  • Nyeri dada karena masalah psikologis
  • Nyeri dada karena trauma atau benturan, seperti terjadi hematothorax, pneumothorax, atau patahnya tulang dada

Kepastian nyeri dada karena jantung dapat dilakukan melalui EKG dan pemeriksaan enzim jantung saat teman Anda mengalami nyeri dada tersebut. Jika keluhan berlanjut atau semakin berat, kami sarankan teman Anda untuk langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung untuk evaluasi dan tatalaksana lebih lanjut.

Yang perlu teman anda khawatirkan adalah jika keluhan kram semakin meluas dari hari ke hari, semakin sering dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti sakit kepala, muntah-muntah, kelumpuhan anggota tubuh, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut terjadi pada diri teman anda, sebaiknya anda segera memeriksakan teman anda ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kram yang bersifat sementara ataupun jangka panjang (kronis) :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan
  • dsb 

Sedangkan kram yang berlangsung lama (kronis) dapat disebabkan oleh:

gangguan otak, saraf tulang belakang atau saraf tepi, termasuk di dalamnya adalah trauma, stroke, perdarahan otak, tumor, infeksi otak dan selaputnya, penyempitan saraf (carpal tunnel syndrome), melakukan gerakan berulang atau getaran jangka panjang, dsb

gangguan jantung dan pembuluh darah

gangguan metabolik dan hormonal: diabetes, gula darah rendah, gangguan hormon tiroid, menopause, kadar kalsium, kalium, natrium, ureum abnormal.

infeksi dan sindrom post-infeksi

gangguan jaringan ikat dan imunitas

kelainan darah, kulit, tulang, dan sendi

kurang vitamin: vit B1, vit B5 dan B12

keganasan/tumor otak

dsb

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

1 Komentar

  • Ami*

    Dok,knpa ya lidah sya sering kram menjalar d'dada,tangan sblah kiri It trjdi scra tiba",tp cma bbrpa detik ato menit aj dok,tp pas trsa kram mata trsa pusing,it knpa ya dok