Sukses

Hepatitis?

28 Jan 2019, 07:45 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat sore dok.saya mau tanya , Saya lagi hamil 7bln dan diagnosa dokter dalam terkenan hepatitis sejak saya hamil 3bln.udh di cek lab 3x hbshg negative trs. Dokter tdk menjelaskan hepatitis apa yg saya alami saat ini Dan hasil lab pertama *Hbsag negative *sgot NILAI 290 U/L MIN 13 MAX 19 *SGPT NILAI 550 U/L MIN 18 MAX 22 #hasil lab kedua di pegang dokter dok. #lab ke -3 *SGOT 325 U/L min 13 max 19 *sgpt 318 U/L min 18 max 22. Pertanyaan dari saya itu hepatitis apa dok ? Bisakah untuk sembuh ? Kalau bisa apakah nyampai bertahun-tahun ?,makanan apa yg harus saya hindari ,dan apa saja yg harus saya konsumsi untuk kesembuhan penyakit saya dok.Terimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Hepatitis merupakan penyakit infeksi pada hati/liver yang disebabkan oleh virus hepatitis. Virus hepatitis sendiri sangat bayak jenisnya. Di antaranya yang paling sering ditemukan adalah hepatitis A, B, C,dan E.

Virus Hepatitis A dan E ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh virus tersebut dan melalui tinja penderita. Penderita hepatitis A atau E yang memasak atau menyiapkan makanan juga dapat menularkan virus kepada orang lain. Penularannya mirip seperti penularan penyakit demam tifoid yang sering disebut dengan tifus/tipes.

Sedangkan virus Hepatitis B dan C tidak ditularkan melalui makanan, minuman, atau tinja penderita, melainkan melalui cairan tubuh seperti darah, cairan sperma/mani, cairan vagina, dan air liur. Paling sering kedua virus ini ditularkan melalui hubungan seksual dan penggunaan narkoba suntik (karena menggunakan jarum suntik berganti-gantian).

Gejala hepatitis pada umumnya adalah:

  • Perut begah
  • Mata kuning
  • Mual/muntah
  • badan lemas/cepat lelah
  • nyeri di daerah ulu hati
  • Perubahan pada buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK)

Jenis pengobatan yang akan dilakukan tergantung kepada jenis gangguan hati yang diderita. Salah satu cara untuk melihat fungsi hati adalah dengan pemeriksaan SGOT dan SGPT. SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan. 

Liver atau hati adalah organ tubuh yang penting untuk menetralisir racun dari makanan atau minuman. Oleh karena itu, pada gangguan fungsi hati, hindarilah makanan yang tidak alami atau banyak mengandung bahan pengawet atau pewarna dan perbanyak asupan nutrisi yang bergizi dan seimbang. Hindari juga konsumsi obat selain dari dokter, seperti jamu-jamuan, obat herbal, obat warung, dan lain-lain.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar