Sukses

Asupan Nutrisi Bagi Penderita Maag
28 Jan 2019, 08:05 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat malam, dengan saya kyra.. Maaf dok saya mau tanya, saya ada riwayat asam lambung, kalau yang saya ketahui memang banyak sekali untuk makanan dana minuman yang harus di hindari, kalau untuk jenis minuman dok seperti susu itukan juga larangan katanya, lalau bagaimana dengan sya dok, asupan vitamin untuk tubuh saya kalau susu saja saya sampai tidak bole, _kemudian dengan kopi, yang saya rasakan dengan kopi, saya merasa aman minum kopi jika kondisi perut saya tidak kosong, atau saya sudah makan sebelumnya, yang saya rsakan aman aman saja, beda jika perut kosong tpi saya langsung minum kopi,, lalau itu bagaimana yah dok, apakah lebih baik dihindarkan yah dok, tidak saya minum sama sekali.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang asupan nutrisi bagi penderita maag berikut ini.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Apabila keluhan menjadi nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag namun penyakit Refluks Gastroesofageal yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan. Hal ini disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik.

Mengenai konsumsi susu pada penderita yang memiliki riwayat sakit magg, sebenarnya tidak ada larangan bagi penderita magg untuk mengkonsumsi susu jenis apapun. Memang ada literatur yang menyatakan bahwa kalsium susu dapat merangsang pengeluaran asam lambung dan menghambat penyembuhan luka pada lambung. Namun hal tersebut tidak lantas terjadi pada seluruh penderita sakit maag. Ada baiknya, sebelum mengkonsumsi susu anda mengkonsumsi air putih terlebih dahulu dan hindari konsumsi susu saat terjadi serangan magg(perut sedang terasa nyeri/perih karena peningkatan asam lambung).

Sebaiknya Anda menghindari kopi. Jika Anda sangat ingin mengkonsumsi kopi, pilihlah kopi yang mengandung rendah kafein karena kafein akan merangsang pengeluaran asam lambung berlebih. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar