Sukses

Trigliserida Tinggi

25 Jan 2019, 16:31 WIB
Pria, 28 tahun.

Permisi dok, beberapa bulan yg lalu triglesirida saya 257 (cek di apotik) di tandai dengan sakit kepala dan sakit leher sebelah kiri kemudian di beri obat gemfibrozil 300ml 1keping dan 2 minggu kemudian saya cek TG saya turun menjadi 157..dan sekarang saya sakit kepala lagi dan leher saya sebelah kiri sakit juga...apakah kalau sudah turun TG itu perlu secara terus menerus minum obat tersebut dok?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya seputar trigliserida tinggi melalui fitur Tanya Dokter.

Keadaan kadar trigliserida yang tinggi dilatarbelakangi oleh konsumsi alkohol, peningkatan berat badan, pola makan yang memiliki kadar gula atau lemak yang tinggi serta gaya hidup malas berolahraga. Kadar trigliserida yang tinggi dapat berperan dalam proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung, dan stroke.

Kadar trigliserida yang tinggi biasanya disertai juga dengan asam urat yang tinggi. Hal ini dikarenakan sumber kedua hal ini sama , yaitu makan makanan yang tinggi lemak dan jarang berolahraga.

Untuk menurunkan kadar trigliserida, yang dibutuhkan adalah mengurangi konsumsi lemak, alkohol, dan karbohidrat. Selain itu, olahraga aerobik atau olahraga yang membakar lemak perlu dilakukan. Kadar trigliserida tinggi juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi omega-3 yang banyak bersumber dari ikan.

Saat ini lakukanlah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat dalam 3 bulan ke depan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan profil lipid lengkap ulangan. Jika tidak ada perubahan atau semakin meningkat maka kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Penanganan batu empedu dapat berupa pengobatan dan operasi. Pada penanganan dengan pengobatan (menghancurkan atau melewatkan batu empedu ke saluran cerna selanjutnya) maka terdapat kemungkinan untuk terjadi kekambuhan. Hal ini berkaitan karena kandung empedu masih ada, sehingga dapat terjadi batu kembali. Kekambuhan juga lebih sering terjadi pada pasien yang pernah mengalami batu empedu multipel.

Batu empedu terbentuk dari penumpukan komponen cairan empedu dalam kandung empedu yang mengkristal membentuk batu.

Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya batu empedu adalah:

Kegemukan,penurunan berat badan yang terlalu cepat (lebih dari 1,5 kg per minggu),berat badan yang tidak stabilWanitaUsia KeturunanPenanganan operasi pada batu empedu merupakan penanganan utama terbaik pada batu empedu yang memberikan gejala (misal: nyeri, mual, muntah). Penanganan ini merupakan pilihan di mana kekambuhan lebih jarang terjadi dan keluhan nyari pasien biasanya menghilang sempurna. Sehingga dengan indikasi yang benar, maka operasi kandung empedu merupakan alternatif yang terbaik ketimbang modalitas lainnya. Mengenai pilihan terapi yang paling tepat untuk Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam Anda.

Berikut kami berikan juga pencegahan terjadi batu empedu:

Kurangi konsumsi makanan berlemak (termasuk makanan bersantan, gorengan), Makanlah makanan yang tinggi akan serat, seperti gandum, buah dan sayur-sayuran. makanan tinggi serat ini akan mengikat cairan empedu sehingga tidak bisa digunakan ulang, sehingga empedu terpaksa mengambil kolesterol baru untuk diolah menjadi cairan empedu, hal ini berarti kadar kolesterol di darah akan otomatis turun

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar trigliserida tinggi dan batu empedu, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar