Sukses

Gangguan Cemas
25 Jan 2019, 11:33 WIB
Pria, 52 tahun.

Dokter, ayah saya berusia lebih dari 70 tahun, dia sering teringat masa lalu yg membuat dia sakit hati.. shg dia sering sedih dan sakit hati.. apakah ini termasuk penyakit? Dan apakah bisa disembuhkan dgn terapi? Dia jg sering cemas yg berlebihan mengenai segala hal dan menanyakan atau melakukan sesuatu berulang2. Misal rekening listrik apakah sdh dibayar atau belum.. kl dia ingat dia akan bertanya meskipun itu jam 2 dini hari.. kpn hr sdh dpt resep kalxetine dan brainact tp krn beli di apotik kalxetine tdk ada diganti merk nopres, diberi dosis 10mg. Yg saya tanyakan boleh sampai berapa lama minum nopres dan apakah ada efek sampingnya kl nopres diminum dalam jangka panjang krn ayah saya tdk mau kl diajak ke psikiater..terima kasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Perasaan tidak tenteram karena khawatir atau takut disebut sebagai kecemasan atau anxiety disorder. Bila kecemasan berlarut-larut dan terus dirasakan, bahkan setelah tidak ada lagi yang perlu dicemaskan, hal itu bisa menjadi gangguan. Gangguan kecemasan sendiri dapat menjadi awal suatu kondisi yang serius apabila rasa khawatir dan takut timbul secara konstan.

Berikut adalah gejala-gejala umum Gangguan Kecemasan yang perlu Anda ketahui :

1.     Perasaan panik, takut, dan gelisah 

2.     Susah tidur 

3.     Tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat 

4.     Sesak napas 

5.     Jantung berdebar-debar 

6.     Ketidakmampuan untuk diam dan tenang 

7.     Mulut kering 

8.     Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki 

9.     Mual 

10.  Otot tegang 

11.  Pusing

Sudahkah Anda terbuka dengan keluarga mengenai kecemasan yang ayah Anda alami? Karena dukungan keluarga dan sahabat sangatlah penting untuk mengatasi hal ini. Saat ini kami sarankan ayah Anda mengunjungi Dokter Spesialis Psikiatri untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan membantu ayah Anda dengan mendengarkan keluhan ayah Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk ketakutan Anda. Ayah Anda juga dapat mencoba mengatasi serangan panik tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips untuk mengatasi serangan panik dan gangguan cemas yang Anda alami, seperti :

·       Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan

·       Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya

·       Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut

·       Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan.

Efek samping tersebut biasanya dapat terjadi selama pengobatan. Tetapi jika Anda mengalami efek samping, jangan langsung dihentikan tanpa konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Efek samping dari antidepresan:

  • Mual
  • Meningkatnya nafsu makan dan berat badan
  • kehilangan gairah sek
  • sDisfungsin ereksi
  • Lelah dan mengantuk
  • Insomnia
  • Mulut kering
  • Pandangan kabur
  • Konstipasi
  • Pusing
  • Cemas


Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar