Sukses

Adakah Hubungan Haid dengan Olahraga dan Metabolisme Tubuh?
25 Jan 2019, 07:41 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat siang, saya ingin bertanya tentang menstruasi yg tidak teratur. Sejak umur 13 tahun sampai 21 tahun menstruasi saya tidak lancar bisa 4 -6 bulan sekali. Kemudian pada awal bulan september 2018 saya rajin berolahraga yaitu HIIT Cardio seminggu 3 - 4 kali. Di bulan september - november mens saya lancar bahkan tergolong banyak dari biasanya. Pada bulan desember sampai januari 2019 ini saya tidak lagi olahraga dan mens saya juga berhenti. Apakah ada kaitannya dengan olahraga & metabolisme tubuh saya? Terimakasih

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Haid dapat terlambat apabila seseorang melakukan olahraga yang berlebihan ataupun berat badan yang berlebihan. Selain itu dapat dipicu oleh banyak faktor seperti faktor psikologis, malnutris, penggunaan obat-obatan tertentu, gangguan tiroid, dsb.

Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya genetik, jenis kelamin, usia, kadar hormon, berat badan, dan aktivitas tubuh. Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme dan keduanya berhubungan.

Wanita yang terlalu kurus atau yang melakukan olahraga berlebihan cenderung memiliki siklus menstruasi yang kacau dan terlambat. Hal ini disebabkan karena tubuh terlalu lelah dan stres, serta hormon yang ada di dalam tubuh tidak seimbang.

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar