Sukses

Mengatasi Sariawan
19 Jan 2019, 21:15 WIB
Wanita, 18 tahun.

Selamat pagi dokter, saya perempuan berusia 19 tahun yang telah mengidap sariawan selama 11 hari ini dikarenakan tergigit tidak sengaja, hal ini membuat sariawan kecil menjadi melebar dan membesar warna putih. Namun, tadi subuh jam setengah 4 saya mengecek mulut saya yang terkena sariawan letaknya di dinding mulut serong kanan, terlihat seperti warna merah daging tapi tidak sakit yang awalnya warna putih sariawan pada umunnya dan semakin kesini semakin siang waktunya, warnanya berubah menjadi putih kembali seperti sariawan. Sebelumnya saya sudah makan buah, sayur dan ai putih yang banyak serta kumur kumur menggunakan air garam selama 2 hari saja namun karena takut gigi terkikis karna air garam tersebut saya berhentikan.Apakah dokter bisa menjelaskan kenapa hal itu bisa terjadi? Apakah itu sebuah penyakit serius? Saya harus melakukan apa agar sariawan ini menghilang?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit mengenai sariawan. Penyebab sariawan belum dapat diketahui secara pasti, namun bisa dipicu oleh beberapa factor pencetus: seperti stres, alergi makanan, luka/trauma di mulut seperti gigi palsu yang tajam atau luka tergigit seperti yang Anda alami, sikat gigi terlalu kencang, infeksi virus atau bakteri pada mulut, mulut kering, perubahan imunitas, perubahan hormonal, akibat pemakaian obat-obatan tertentu, siklus haid, atau minuman yang asam.

Namun terkadang sariawan juga merupakan tanda dari adanya suatu penyakit sistemik, oleh karena itu penting untuk menegakkan diagnosis yang tepat untuk mengetahui penyebab penyakitnya, dan menentukan terapi yang sesuai. Untuk mengobati sariawan adalah dengan pengobatan simtomatik, yaitu dengan mengobati gejala-gejala yang timbul. Seperti mengurangi rasa sakit, serta mencegah terjadinya sariawan baru.

Untuk pengobatan Sariawan ringan dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau gel yang bisa didapatkan di toko obat.

Untuk pengobatan sariawan yang ringan-sedang dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau obat kumur mengandung lokal anestesi dioles pada bagian yang sakit, berkumur dengan suspense Sukralfat 1g/5 ml, jangan ditelan.

Untuk sariawan sedang-berat dapat menggunakan obat kumur antibakteri atau obat kumur mengandung lokal anestesi dioles pada bagian yang sakit, berkumur dengan suspense Sukralfat 1g/5 ml, jangan ditelan. Ditambah obat analgetik (obat anti nyeri) jika diperlukan. Jika terdiagnosa adanya infeksi, berikan antibiotik pada infeksi bakteri, antivirus pada infeksi virus, dan antifungi pada infeksi jamur. 

Apabila sariawan tidak kunjung sembuh dalam 2 minggu maka kami sarankan agar memeriksakan diri ke dokter gigi spesialis Penyakit Mulut, agar segera dapat diketahui faktor penyebabnya dan segera ditangani.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar