Sukses

Anak Demam
18 Jan 2019, 17:48 WIB
Pria, 17 tahun.

Hallo dokter... saya mau kasih keluhan ni dokter adek saya ngalemin Demam dan udah 5 hari tak kunjung sembuh demam nya main di 36,4 c dan 37,8 c keputar putar di situ aja terus setiap hari minum air putih nya banyak makan lancar tambah sering minum jus jambu merah.. kalo pada hari kedua dan ketiga sih panasnya sering naik sampe di 39 tapi sudah tidak pernah sampai disitu tinggal balik balik di 36 sama 37 ... mau di bawah ke dokter katanya takut akhirnya di rawat dirumah tapi dirawat dirumah juga dengan bagus kok dokter selalu di kasih minum air putih terus, penanganan yang baik-nya gimana yah dok?

Terima kasih telah bertanya seputar mengatasi demam pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Demam pada anak disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah kekurangan cairan (dehidrasi), kurang istirahat atau metabolisme tubuh menjadi meningkat, dan infeksi. Pada anak karena sistem kekebalan tubuh yang masih berkembang, seringkali terkena infeksi dan mengalami demam. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti viral, bacterial, dan lainnya.

Pada infeksi viral, diharapkan tubuh dapat menghasilkan antibodi tertentu sesuai dengan infeksinya dan sembuh sendiri. Beberapa infeksi yang sering di Indonesia adalah Demam berdarah dan Demam thypoid, dimana kedua penyakit ini baru bermanifestasi setelah beberapa hari. 

Mengatasi demam dapat dengan cara :

  • istirahatkan anak
  • berikan anak minum yg banyak
  • kompres dahi, leher, dada, ketiak anak dengan air hangat untuk menurunkan demam
  • pakaikan anak baju yang tipisberikan obat penurun demam (parasetamol) 6x/hari sesuai dosis untuk membantu menurunkan demam (suhu > 37,5 derajat C)

Yang perlu diwaspadai apabila terjadi demam pada anak adalah kemungkinan timbulnya kejang. Kejang Demam dapat terjadi pada mereka yang memiliki genetik atau keturunan kejang ketika kecil dan suhu demam yang terlampau tinggi. Hal ini dapat dicegah dengan hal-hal yang kami sebutkan di atas. Apabila dengan cara diatas demam anak anda masih berlangsung (dalam 2-3 hari), berkonsultasilah ke dokter. Jika demam sudah terjadi lebih dari 3 hari maka perlu ditelusuri lebih lanjut penyebabnya. Demikian, semoga adik Anda cepat sembuh.

0 Komentar

Belum ada komentar