Sukses

Anak Sering BAB di Celana
16 Jan 2019, 13:54 WIB
Wanita, 27 tahun.

Anak saya sudah berusia 6 tahun tapi dia masih suka buang air besar di celana dok, sudah sering saya ingatkan untuk buang air besar d toilet namun anak saya tidak pernah menghiraukan, entah kenapa ? Bagaimana solusi nyaa yaa dok ? Saya sudah kehabisan akal.. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bagaimana dengan pola BAB adik Anda selama ini? Apakah buang air besar konsistensinya keras dan jarang, diikuti kecepirit? Apakah pernah ada masalah saat toilet training? Apakah pernah ada riwayat buang air besar (BAB) berdarah? Bagaimana pola makan adik Anda? Apakah banyak serat, buah, air putih? Apakah masih minum susu, berapa banyak sehari? 

Sulit untuk menentukan kemungkinan penyebab keluhan pada anak tanpa mengetahui riwayat medis yang lebih lengkap serta dilakukan pemeriksaan fisis. Kemungkinan yang dialami oleh adik Anda adalah kecepirit atau enkopresis yang dapat berhubungan dengan konstipasi. Sebagian besar penyebab enkopresis pada anak adalah konstipasi fungsional. 

Sering BAB di celana secara tidak sadar ataupun sadar sering disebut sebagai Enkopresis. Enkopresis merupakan suatu kondisi dimana anak Anda dapat menahan BAB atau menolak melakukan BAB yang menyebabkan feses berkumpul di usus dimana pada saat feses yang terkumpul sudah banyak maka terjadi BAB di celana.

Kejadian ini biasanya terjadi diatas usia 4 tahun. Penyebabnya dapat karena konstipasi kronis (kondisi BAB keras yang lama) ataupun dapat disebabkan oleh gangguan emosional danperkembangan. Apakah adik Anda sudah dilatih untuk penggunaan toilet (Toilet Training)?

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah memberikan makanan yang tinggi akan serat untuk adik Anda seperti sayur dan buah serta berikan air putih yang cukup pada adik Anda. Sama seperti mengompol, Anda dapat jadwalkan kapan waktu BAB adik Anda setiap harinya. Anda dapat mulai membawa adik Anda ke toilet setiap hari  sehabis makan (pada waktu pagi atau malam hari) dan biarkan anak duduk di toilet selama 10-15 menit dengan hal ini mungkin adik Anda dapat BAB.

Dan temani anak Anda saat BAB. Apabila kondisi ini terus berlangsung Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter spesialis anak, apabila memang disebabkan oleh kondisi konstipasi maka biasanya akan diberikan obat.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar