Sukses

ASI Masih Keluar Setelah Keguguran
16 Jan 2019, 12:20 WIB
Wanita, 22 tahun.

Hallo Dokter! Izin bertanya, Pasca keguguran 1 tahun lalu ASI saya masih keluar dokter dan keluarnya itu sesekali dan sedikit, ASI keluar kalau PDnya ditekan. Tidak nyeri ataupun sakit. Saya heran kok masih keluar yaa Dok? Padahal beberapa bulan pasca keguguran air ASI nya tidak ada lagi. Tapi skrg setelah 1 tahun kok masih ada :( Mohon solusinya Dok, itu normal atau bahayakah? Terimakasih!

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi tanya dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Anda mempunyai riwayat keguguran setahun lalu namun sampai saat ini ASI Anda masih keluar.  Yang perlu kami tanyakan sebelumnya, apakah asi keluar terus menerus setiap harinya atau hilang timbul dalam rentang waktu tersebut? bagaimana jumlahnya? bagaimana dengan warna, bau, konsistensinya, apakah Anda meyakini bahwa cairan tersbut adalah ASI?

Jumlah ASI yang normal diproduksi pada akhir minggu pertama setelah melahirkan adalah 550 ml per hari. Dalam 2-3 minggu, produksi ASI meningkat sampai 800 ml per hari. Jumlah produksi ASI dapat mencapai 1,5-2 L per harinya. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi menyusu juga berkurang. Oleh karena itu seharusnya saat ini produksi ASI Anda sudah tidak berproduksi kembali karena tidak ada stimulasi menyusui lagi. Saran kami Anda sebaiknya terlebih dahulu memeriksakan diri kepada dokter terdekat, untuk meyakinkan cairan apa yang keluar dari payudara Anda, dan adakah gangguan yang mendasarinya, serta bagaimana penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar