Sukses

Menghilangkan Karang Gigi
16 Jan 2019, 11:52 WIB
Pria, 23 tahun.

Siang dok , mau tanya soal gigi untuk menghilangkan karang pada gigi itu bagaimana dok terimakasih

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Sampai saat ini masih belum ada cara yang alami untuk membersihkan karang gigi. Karang gigi memang dapat dicegah atau dihambat pembentukannya, karena pada dasarnya kalkulus adalah plak (kotoran gigi ) yang mengeras karena adanya mineral yang mengendap yang berasal dari cairan mulut dan makanan/minuman.

Untuk membersihkan karang gigi hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi, dengan cara penggunaan yang benar dan Alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.

Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana agar karang gigi tidak terbentuk, dengan menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi. Menyikat gigi 2 kali sehari dengan metode yang benar adalah hal yang mutlak dalam menjaga kebersihan gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Pembersihan karang gigi harus dilakukan, karena karang gigi yang dibiarkan dalam mulut dan tidak dibersihkan menyebabkan terjadinya keradangan gusi dan kemudian berlanjut pada tahap yang lebih parah yaitu keradangan jaringan pendukung gigi yang dapat menyebabkan goyangnya gigi dan selain itu karang gigi juga merupakan tempat bakteri berkembangbiak.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar